Rendah, Anggaran TKDD Hanya Terserap 47%

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Realisasi penyerapan anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) hingga memasuki semester dua 2021 ini hanya mencapai 47% dari target Rp780,48 triliun.

Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto menghimbau pemerintah daerah agar mempercepat penyerapan anggaran TKDD ini terutama pada sisa waktu hingga akhir tahun nanti.

“Realisasi belanja daerah masih rendah. Target TKDD sebesar Rp780,48 triliun baru terserap 47% atau Rp373,86 triliun,” ujarnya belum lama ini.

Airlangga mendesak pemerintah daerah agar mengoptimalkan pemanfaatan APBD dalam membantu penanganan Covid-19 dan membantu sektor UKM untuk mengurangi dampak pandemi ini terhadap masyarakat.

BACA JUGA:   Rusuh! Job Fair Batam 2022 Dihentikan Sementara

Menurut dia, dalam program pemulihan ekonomi nasional, pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk membantu pemerintah termasuk melakukan refocusing anggaran TKDD diantaranya penggunaan Dana Bagi Hasil (DBH) untuk penanganan Kesehatan, jarring pengaman social, dna pemulihan ekonomi.

Sementara itu, refocusing pada Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 8% untuk program vaksinansi dan insentif tenaga Kesehatan daerah. Total agregat dana refocusing pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sebesar Rp37,2 triliun dengan realisasi Rp6,7 triliun atau 17,9%.

Di sisi lain, ketergantungan pemerintah daerah terhadap dana perimbangan dari pemerintah hingga saat ini masih terbilang tinggi walau sudah 20 tahun desentralisasi atau otonomi daerah diterapkan. (SYS)

BACA JUGA:   Massa GNPR Demo Bela Rempang di Jakarta, Desak Proyek Eco City Distop!
  • Bagikan
74 views