Top 10 World Port Operator, PSA Singapore Nomor 1, Pelindo Nomor Berapa?

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: PT Pelabuhan Indonesia mengklaim pasca integrasi nanti Pelindo bakal menjadi operator terminal terbesar dunia nomor 8 dengan total througput petikemas mencapai 16,7 juta TEUs. Saat ini, operator terbesar dunia masih dipegang oleh Port of Singapore Authority (PSA) dengan 60,4 juta TEUs.

Data yang dihimpun oleh tim riset Regional Economic & Investment Updates terhadap 10 besar operator terminal dunia sampai dengan 2020, posisi teratas masih dipimpin oleh PSA dengan 60.4 juta TEUs, diikuti oleh China Cosco Shipping dengan 48,6 juta TEus, APM Terminal dengan 46,8 juta TEUs, Hutchison Port Hongkong 45,7 juta TEUs, Dubai Port World 44,5 juta TEUs, dan China Merchants Port 41,5 juta TEUs. Selanjutnya Terminal Investment Limited (TIL), ICTSI, CMA CGM, dan SSA Marine mencatatkan throughput kontainer masing-masing 28 juta TEUs, 10 juta TEUs, dan 8 juta TEUs.

BACA JUGA:   Airlangga Pastikan Dana Awal IKN Rp45 Triliun Tidak Masuk PEN 2022

Jika integrasi Pelindo berjalan lancar pada tahun ini, maka besar kemungkinan Pelindo akan menggeser posisi ICTSI di urutan 8 daftar operator terminal terbesar dunia dengan capaian 16,7 juta TEUs.

Sebagai operator terminal terbesar di Indonesia, sudah saatnya Pelindo berkiprah di level global dan membuktikan sebagai operator yang juga layak disandingkan dengan pengelola terminal dunia lainnya.

Saat ini, total throughput petikemas Pelindo 2 sudah mencapai 7,6 juta TEUs dan diperkirakan berada diposisi 12-13 top operator terbesar. (SYS)

  • Bagikan
488 views