Terindikasi Melanggar Hak Paten, Perusahaan China ingin Jegal Penjualan iPhone

  • Bagikan

Regional.co.id, SHANGHAI: Perusahaan Cina Xiao-i Robot berupaya menghentikan Apple memproduksi iPhone di Tiongkok. Ini dilakukan seminggu menjelang peluncuran iPhone 13.

Perusahaan Cina Xiao-i Robot atau yang dikenal sebagai Shanghai Zhizhen Network Technology berupaya menghentikan Apple memproduksi iPhone di Tiongkok. Ini dilakukan seminggu menjelang peluncuran iPhone 13. Pertarungan antara perusahaan Cina dan Amerika Serikat (AS) bukan terkait paten perangkat keras (hardware).

“Xiao-i mengklaim bahwa Apple menyalin beberapa teknologi asisten suara Siri dan melanggar paten robot obrolan,” demikian kata Shanghai Zhizhen Network Technology dikutip dari India Times, Kamis (9/9).

BACA JUGA:   Konsorsium Telkom, Singtel, MedcoPower Bangun Data Centre 51 MW di Batam

Tahun lalu, perusahaan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) itu menggugat Apple US$ 1,4 miliar. Xiao-i mengklaim Apple melanggar paten atas asisten virtual yang mirip dengan Siri‌.

Saat itu, perusahaan Cina tersebut meminta Apple untuk berhenti memproduksi semua produk yang melanggar patennya. Ini artinya, mencakup semua gawai yang disematkan Siri.

Kini, Xiao-i Robot kembali mengajukan gugatan ke pengadilan di Shanghai. “Meminta pengadilan melarang pembuatan, penjualan, dan ekspor iPhone yang mengandung Siri, yang melanggar patennya,” kata perusahaan Cina itu, dikutip dari MacRumors. Kepala eksekutif Xiao-i Robot Yuan Hui mengatakan, Apple tidak menghormati kekayaan intelektual. “Apple harus segera menghentikan pelanggaran, menghapus dan menghentikan penjualan produk terkait,” kata Yuan.

BACA JUGA:   Bersiap Jadi Semiconductor Hub, India Setujui Investasi Senilai $15,2 Miliar

Apple sendiri selama 2020 lalu berhasil menjual 197 juta unit Iphone di seluruh dunia. Angka ini meningkat dibandingkan 2019 yang mencapai 185 juta unit. Penjualan Iphone pada 2021 ini diprediksi tembus 200 juta unit pasca diluncurkannya iPhone 13 pada akhir September nanti. (SYS/net)

  • Bagikan
75 views