Target 11 Juta TEUs, PTP Incar Posisi 15 Pelabuhan Besar Dunia

  • Bagikan

Regional.co.id, ISKANDAR-JOHOR: Port of Tanjung Pelepas (PTP) ditargetkan mampu mencapai container throughput sebesar 11 juta TEUs pada 2021 ini dan memperbaiki posisi pada peringkat 15 pelabuhan besar dunia.

Kementerian Transportasi Malaysia Datuk Seri Wee Ka Siong mengatakan pertumbuhan yang semakin membaik pada tahun ini diprediksi bisa mendukung perbaikan kinerja perusahaan.

“Tahun lalu PTP mampu tumbuh 8,5% dan tahun ini ditargetkan tumbuh dua digit. Total container yang dilayani meningkat dari 9,8 juta TEUs pada 2020 menjadi 11 juta TEUs pada tahun ini,” ujarnya

Dia memiliki keyakinan performa PTP akan semakin baik hingga tahun depan, apalagi jika melihat tren selama tujuh bulan terakhir yang positif. Kendati masih dalam masa pandemic, namun kondisi bisnis masih terus tumbuh.

BACA JUGA:   Peritel Listrik Bertumbangan, Singapura Diambang Krisis Energi

Menurut Wee, selama masa lockdown di Malaysia sejak Maret 2020, sektor pelabuhan dan industry merupakan sektor yang masih terus beroperasi sehingga pasokan barang kebutuhan di Malaysia belum pernah terkendala.

Wee menargetkan PTP mampu memperbaiki posisi dalam deretan pelabuhan besar dunia dari posisi 18 pada 2020 menjadi 15 pada 2021 ini. PTP masih kalah dibandingkan Port Klang yang berada di posisi 12.

Selain China, Malaysia menjadi negara Asia yang memiliki dua pelabuhan besar di jajaran 20 besar pelabuhan besar yaitu PTP dan Port Klang.

Kedua pelabuhan ini berada di gugusan Selat Malaka. Di sepanjang selat ini, total hanya tiga pelabuhan besar yang melayani aktivitas alih kapal atau transhipment yaitu Port of Singapore Authority (PSA) yang masih bertengger di posisi puncak dengan 60 juta TEUs, PTP Johor Bahru dengan 9,8 juta TEUs, dan Port Klang dengan 11 juta TEUs. (SYS)

BACA JUGA:   Kadin Kepri dan Asosiasi Pengusaha Tolak Rencana Kenaikan Tarif Bongkar Muat di Pelabuhan
  • Bagikan
303 views