Harga EV Masih Tinggi, Konsumen RI Pilih Mobil Konvensional

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi permintaan kendaraan konvensional non listrik masih cukup tinggi dalam beberapa tahun ke depan.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan peta jalan industry otomotif nasional sudah mengarah pada penurunan emisi gas buang dan peningkatan efisiensi bahan bakar, penggunaan bahan bakar nabati, dan zero emission.

“Namun kecenderungannya masih kendaraan konvensional. Peralihan ke kendaraan listrik belum terlalu besar mengingat harga jual mobil listrik yang masih sangat tinggi dibandingkan kendaraan konvensional,” ujarnya dalam Investor Daily Summit, belum lama ini.

Yohanes menyebutkan harga jual mobil konvensional (internal combustion engine) masih berkisar dibawah Rp300 juta, sementara mobil listrik (full electric/hybrid) masih berkisar Rp600 juta. Ini bisa dilihat dari penjualan mobil bensin yang masih menguasai pasar domestic.

BACA JUGA:   Penjualan Mobil Meningkat, Sri Mulyani Perpanjang Diskon PPn-BM Hingga Akhir 2021

Sampai dengan Januari – Juli 2021 ini, total mobil terjual sebanyak 391.569 unit. Namun akibat pandemic, angka ini menurun dibandingkan 2020 sebesar 532.407 unit. Penjualan tertinggi terjadi pada 2019 yang menyentuh level 1,032 juta unit.

Sedangkan mobil listrik dan hybrid masih berada di level 1.800 unit pada 2021. Kendati masih kecil, namun trennya meningkat positif dibandingkan 2019-2020.

Yohanes memperkirakan mobil konvensional akan tetap menjadi powertrain industry otomotif nasional dan mobil electric vehicle tetap menjadi alternatif pilihan bagi konsumen.

“Harga yang masih tinggi tentu menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk beralih ke mobil listrik. Sementara penjualan mobil masih didominasi oleh kendaraan pada level harga Rp300-an juta,” paparnya.

BACA JUGA:   Hadir Di Indonesia, BYD Boyong Tiga Produk Unggulan

Catatan Gaikindo sendiri untuk kendaraan listrik terbagi dalam beberapa segmen. Segmen hybrid dijual dengan harga Rp450 juta – Rp600 juta untuk model mobil Honda CRZ, Nissan Kicks e-Power, dan Toyota Corolla. Untuk segmen plug-in hybrid dijual berkisar antara Rp1 miliar – Rp1,2 miliar untuk model Mitsubishi Outlander dan Toyota Prius. Sedangkan segmen battery electric (BEV) dijual pada kisaran Rp1 miliar – Rp2,5 miliar untuk model Byd e6 dan Tesla Model X. (SYS)

  • Bagikan
37 views