Lonjakan Kasus Baru Covid-19 di Singapura, Lebih Tinggi Dibanding 2020

  • Bagikan

Regional.co.id, SINGAPORE: Sampai dengan 29 September kemarin, Kementerian Kesehatan Singapura berhasil mendeteksi 2.268 kasus baru Covid-19 di sejumlah tempat dimana 1.810 merupakan community case, 448 kasus dari penghuni dormitory, dan 10 kasus impor.

Sedangkan jumlah pasien Covid-19 yang sudah dirawat tercatat sebanyak 1.335 orang. Sebagian besar kasus dengan gejala ringan dan masih dalam observasi pihak rumah sakit setempat.

Sementara itu, sebanyak 197 kasus mengalami gejala yang serius dan membutuhkan bantuan oksigen, dan 34 pasien dalam kondisi kritis serta dirawat di ruang ICU. Pasien yang mengalami gejala serius merupakan para orang tua berusia di atas 60 tahun.

BACA JUGA:   Gawat! Singapura Catat 12.784 Kasus Baru Covid-19

Total pasien yang meninggal dunia hingga kemarin bertambah 8 orang karena komplikasi dan infeksi di mana 5 orang merupakan laki-laki dan 3 orang perempuan yang berusia antara 72 – 90 tahun. Dari 8 orang tersebut, 6 diantaranya belum sempat mendapatkan vaksin, 1 orang baru divaksin sekali dan 1 pasien meninggal lainnya sudah vaksin penuh.

“Secara total tercatat 93 orang pasien meninggal selama pandemi melanda Singapura sejak 2020 lalu akibat komplikasi dan infeksi karena virus,” demikian tulis rilis dari Kementerian Kesehatan Singapura, kemarin.

Dari 10 kasus yang berasal dari pendatang, otoritas setempat telah mengambil langkah antisipatif dengan menerapkan protocol stay-home noticed (SHN) atau isolasi ketika tiba di Singapura. Sebanyak 7 pasien diantaranya terdeteksi ketika mendarat di Singapura sementara 3 pasien lainnya terpapar saat masa isolasi atau SHN.

BACA JUGA:   Hore, Turis Indonesia ke Singapura Bebas Karantina!

Peningkatan jumlah kasus di Singapura yang terjadi beruntun selama sepekan terakhir ini cukup mengkhawatirkan ditengah upaya membuka akses perbatasan bagi turis ke wilayah Batam dan Bintan.

Sandiaga S. Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, bahkan telah mengagendakan jadwal pembukaan akses Batam Bintan bagi turis asing setelah lebih dulu Bali yang mulai dibuka terbatas mulai Oktober nanti. (SYS)

  • Bagikan
261 views