Pertamina Jadi Sponsor Utama, Sirkuit Mandalika Berubah Nama

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Sirkuit Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat resmi berubah nama menjadi Pertamina Mandalika International Street Circuit pasca tercapainya kesepakatan kerjasama antara Pertamina dan pengelola kawasan.

Sirkuit andalan Indonesia itu juga dinilai siap menjalani Idematsu Asia Talent Cup dan Superbike pada November 2021 dan ujicoba pramusim MotoGP pada 11-13 Februari tahun depan.

PT Pertamina resmi menjadi sponsor utama sirkuit tersebut sebagaimana tertuang dalam nota perjanjian kerjasama sponsorship dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atauIndonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang ditandatangani kemarin

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan masuknya Pertamina sebagai sponsor utama di sirkuit ini diharapkan dapat mendongkrak citra perusahaan di pasar internasional. Gelaran MotoGP dan World Superbike di sirkuit ini akan menjadi ajang promosi bagi perusahaan pelat merah ini.

“Kita sama-sama ketahui follower medsos Moto GP lebih banyak daripada F1, yang jumlahnya ada26,6 juta. Tentu ini akan menjadi ajang promosi bagus bagi perusahaan dan bagi Indonesia,” kata Nicke dalam acara Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Sponsorship (PKS), Kamis (7/10).

BACA JUGA:   Ini Daftar Mobil Yang Tidak Boleh Pakai Pertalite, Termasuk Avanza?

Dia menjelaskan sebagai perusahaan yang saat ini tengah melakukan transisi ke energi bersih, Pertamina juga tengah mengincar pengembangan energi terbarukan di wilayah Nusa Tenggara Barat. Pasalnya wilayah ini memiliki potensi pengembangan energi surya yang menjanjikan.

“Untuk itu, kami akan fokus mengembangkan PLTS di sirkuit Mandalika. Kami juga akan memanfaatkan platform digital aplikasi guna memperluas jumlah konsumen. Ini yang kita tuju dari sinergi sponsorship ini,” katanya.

Adapun secara keseluruhan pekerjaan konstruksi pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit pada pertengahan Agustus 2021 sudah sekitar 92%, dengan lintasan utama yang selesai dikerjakan.

Jika konstruksi berjalan lancar sesuai target, seharusnya pembangunan area sirkuit ini telah rampung pada 12 September, termasuk fasilitas pendukung lainnya seperti race control, pondasi gedung pit, medical center lengkap dengan landasan helikopter.

Informasi dari laman MotoGP World Championship, disebutkan kalender event MotoGP pada 2022 terdiri dari 21 kalender balapan di 21 negara mulai Maret hingga November. Untuk tahun depan terdapat dua peserta penyelenggara baru yaitu Indonesia dan Finlandia.

BACA JUGA:   Singapura - Malaysia Teken MOU Pengembangan Johor-Singapore Special Economic Zone

Indonesia sendiri masuk pada putara kedua pada 20 Maret 2022 setelah balapan pembukaan di Qatar pada 8 Maret dan Finlandia sebagai peserta baru melaksanakan jadwal balapan pada 10 Juli. Mandalika juga akan menjalani ujicoba pramusim (pre-season test) pada 11-13 Februari 2022 mendatang.

Balapan MotoGP Championship merupakan sebuah kegiatan balap motor terbesar di dunia setelah Formula 1. Total penonton diseluruh dunia mencapai 400 juta view atau 5 miliar penonton dalam satu musim balapan.

Sementara itu, perkiraan jumlah pengunjung MotoGP berkisar antara 80.000 – 100.000 orang. Contohnya MotoGP Sepang di Malaysia, pada musim 2019 lalu pernah mencapai 100.000 orang penonton yang datang ke lokasi. Pada 2021 ini, GP Malaysia batal dilaksanakan karena pandemic.

BACA JUGA:   Diresmikan Presiden Joko Widodo, Pembangunan Sirkuit F1 di Bintan Dimulai Akhir Juli
  • Bagikan
668 views