Siapkan Rencana Masa Depan, Facebook Ganti Nama Jadi Meta Inc.

  • Bagikan

Regional.co.id, CALIFORNIA: Facebook Inc. secara resmi mengumumkan perubahan nama korporasinya menjadi Meta Platforms Inc. sebagai upaya rebranding global yang tengah dilakukan oleh perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serika tersebut.

Perubahan nama tersebut, menurut Mark Zuckerberg, founder Meta/Facebook, merupakan upaya untuk memperluas jangkauan platform perusahaan di luar media social menuju area virtual reality (VR).

“Namun perubahan tidak berlaku untuk platform individual seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp, karena hanya perusahaan induk saja yang memilikinya,” ujarnya saat peluncuran Meta Platform di markas perusahaan di Menlo Park, California.

Pada tahun 2015, Google juga telah lebih dulu merestrukturisasi perusahaannya dengan mengubah perusahaan induknya menjadi Alphabet, namun, nama tersebut belum populer.

BACA JUGA:   Oppo Find X5 Pro Rilis di Indonesia, Simak Spesifikasinya!

Mark menjelaskan perubahan nama tersebut juga seiring strategi perusahaan untuk membangun “metaverse” – dunia online di mana orang dapat bermain game, bekerja, dan berkomunikasi dalam lingkungan virtual, sering kali menggunakan headset VR.

Dia mengatakan merek yang ada (Facebook) tidak bisa memwakili semua yang dilakukan hari ini, apalagi untuk mengantisipasi kebutuhan pada masa depan sehingga perlu upaya melakukan restrukturisasi terhadap rencana strategis perusahaan.

“Seiring waktu, saya berharap kami terlihat sebagai perusahaan metaverse dan saya ingin menambatkan pekerjaan dan identitas kami pada apa yang sedang kami bangun,” katanya dalam konferensi pers virtual.

BACA JUGA:   Harga Saham Melejit, Market Value Tesla Tembus US$1 Triliun

Mark mengatakan saat ini publik dapat memanfaatkan layanan yang diberikan dalam dua segmen yaitu satu platform untuk kebutuhan individu dan keluarga yaitu facebook, Instagram, dan whatsapp, sedangkan satu platform lain untuk persiapan masa depan.

“Dan sebagai bagian dari ini, inilah saatnya bagi kami untuk mengadopsi merek perusahaan baru untuk mencakup semua yang kami lakukan, untuk mencerminkan siapa kami dan apa yang ingin kami bangun,” paparnya.

  • Bagikan
273 views