Ekonomi Kepri Kuartal III Melambat 0,39%

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Perekonomian Provinsi Kepulauan Riau selama tiga triwulan terakhir tahun 2021 ini belum sepenuhnya pulih. Ini bisa dilihat dari pergerakan angka statistik sampai dengan triwulan tiga lalu di mana pertumbuhan ekonomi merosot minus 0,39% dibandingkan triwulan sebelumnya.

Pada triwulan dua ekonomi sempat tumbuh 0,01% dibandingkan triwulan pertama yang mencatatkan pertumbuhan negatif 1,12%.

Namun demikian, dibandingkan year-on-year, ekonomi Kepri kuartal tiga tumbuh 2,96% dibandingkan kuartal tiga 2020 yang terpuruk -5,81%.

Sektor yang memberikan andil pertumbuhan terbesar berasal dari pengadaan listrik dan gas yang mencapai 5,21%, konstruksi (2,51%), perdagangan (2,77%), pertanian (2,95%), dan jasa Kesehatan (2,50%). Sementara sektor industry pengolahan pada kuartal ini hanya tumbuh tipis 0,20% namun memberikan andil yang juga tidak terlalu besar hanya 0,20%.

BACA JUGA:   Pemerintah Rilis Rencana Pembangunan Batam New Port, Batu Ampar Jadi Terminal Roro

Pada kuartal tiga ini, sektor konstruksi mengalami pergerakan ekonomi yang cukup menggembirakan dengan memberikan andil tertinggi bagi pertumbuhan sebesar 0,47%, diikuti sektor perdagangan dan industry.

Situasi ini relevan dengan perkembangan konstruksi sektor property yang menggeliat pasca pelonggaran pembatasan kegiatan pada beberapa bulan lalu. Beberapa proyek perumahan sudah mulai dikerjakan dan dipasarkan kepada konsumen.

Namun demikian, kontribusi sektor industry terhadap perekonomian masih dominan pada kuartal tiga lalu yang mencapai 42%, diikuti konstruksi 19,92%, pertambangan 11,94% dan perdagangan 8,56%.

  • Bagikan
132 views