Diresmikan Jokowi, Sirkuit Mandalika Siap Selenggarakan Ajang Balap Kelas Dunia

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika

Regional.co.id, LOMBOK: Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11).

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Jokowi untuk menjajal sirkuit bersama para Menteri dengan mengitari 17 tikungan yang ada di Mandalika.

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” katanya dikutip dari pers rilis Biro Pers Setpres, Jumat (12/11/2021).

BACA JUGA:   Banyak Masalah, Pengembangan KEK Arun Kurang Optimal

Kepala Negara lalu menceritakan pengalamannya mencoba langsung sirkuit yang akan dipakai untuk ajang World Superbike (WSBK) dan MotoGP itu. Jokowi mengatakan seluruh tikungan di Sirkuit Mandalika sangat sulit baginya untuk dilalui. Total ada 17 titik tikungan dengan 11 tikungan mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.
“Ada 17 tikungan semuanya sulit. Kalau untuk pembalap mungkin tidak ada masalah, untuk saya sangat sulit,” kata Jokowi.
Presiden mengajak seluruh pihak untuk mengunjungi Mandalika. Ia memastikan, penerapan protokol kesehatan akan dikelola secara ketat oleh Satgas Penanganan Covid-19. Dengan demikian, ia berharap Sirkuit Mandalika akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di NTB. “Dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB,”

BACA JUGA:   ASEAN SEZ Comparison

Selain meresmikan pengoperasian sirkuit tersebut, Jokowi juga meresmikan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika sepanjang 17,3 kilometer.

Jokowi menjajal sirkuit baru ini dengan motor balap Kawasaki W175 warna hijau yang telah dimodifikasi bergaya bobber. Presiden terlihat memakai jaket dan sarung tangan buatan lokal, yaitu Rabbit and Wheels serta Bellissimo Apparel. Sementara, modifikasi motor bertuliskan R1 tersebut juga digarap bengkel lokal, yaitu Katros Garage.

  • Bagikan
155 views