Hore, Turis Indonesia ke Singapura Bebas Karantina!

  • Bagikan
Patung Merlion merupakan salah satu objek wisata di Singapura yang ramai dikunjungi turis asal Indonesia

Regional.co.id, SINGAPURA: Pemerintah Singapura mengeluarkan kebijakan vaccinated travel lane (VTL) atau akses masuk bebas karantina bagi pelancong asal Indonesia dan India mulai 29 November mendatang.

Kementerian Kesehatan Singapura dalam siaran pers hari ini Senin (15/11) mengemukakan kebijakan baru tersebut sebagai langkah pemerintah untuk mulai membuka Singapura bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke negeri itu pasca pelonggaran akibat pandemic Covid 19 yang melanda sejak dua tahun terakhir.

Bagi turis asal Indonesia dan India diberikan akses bebas karantina bagi yang sudah mendapatkan vaksin lengkap melalui VTL pada 29 November, sedangkan turis asal Qatar, Arab Saudi, dan UAE dibuka mulai 6 Desember.

BACA JUGA:   Penyebaran Covid-19 Makin Parah, China Terpaksa Impor Vaksin

Sementara itu Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran menyebutkan kesepakatan dengan Indonesia masih terus dilakukan dalam menyikapi kebijakan masing-masing negara dalam membuka akses keluar masuk bagi turis kedua negara.

“Sampai saat ini Indonesia masih tertutup bagi turis kecuali turis dari 19 negara yang diberikan izin untuk masuk sejak 14 Oktober lalu, kecuali bagi pengunjung asal Singapura,” ujarnya.

Singapura sendiri masih terus berjuang melawan penyebaran gelombang ketiga virus Corona. Selama Oktober dan November ini, angka warga terinfeksi virus terus bertambah.

Data yang dirilis John Hopkins University- Centre for System Science and Engineering (CSSE) for Covid-19 menunjukkan total kasus baru selama 1-14 November bahkan sudah mencapai 38.000 kasus. Angka diperkirakan terus bertambah pada hari-hari berikutnya.

BACA JUGA:   Gedung MICE Golo Mori Selesai Dibangun, Siap Gelar KTT ASEAN 2023

Untuk menindaklanjuti rencana pembukaan perbatasan bagi pelancong jiran, PM Lee Hsien Loong dan Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melaksanakan pertemuan bilateral pada akhir 2021 ini di Lagoi, Bintan.

  • Bagikan
203 views