Bahas Rencana Pembukaan Akses Bagi Turis Indonesia, Retno – Vivian Bertemu di Singapura

  • Bagikan

Regional.co.id, SINGAPURA: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu Menlu Singapura Vivian Balakrishnan untuk membahas rencana izin masuk bagi warga Indonesia melalui skema vaccinated travel lane (VTL) pada 29 November mendatang. Pertemuan kedua Menteri berlangsung di Singapura, hari Selasa (16/11).

“Menlu Singapura menyampaikan bahwa pemberlakuan VTL unilateral oleh Singapura antara lain didasarkan pada kepercayaan terhadap sistem (trust), (yakni) terus membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia serta semakin tingginya tingkat vaksinasi,” ujar Retno dalam pernyataan resmi.

Singapura berencana mengizinkan masuk WNI pada 29 November 2021. Pihak berwenang negara itu mengatakan, VTL dengan Indonesia akan menjadi perjalanan vaksinasi unilateral. Namun, pintu masuk masih terbatas hanya melalui bandara dari Jakarta ke Singapura.

BACA JUGA:   Berkunjung Ke Batam-Bintan, Turis Asing Bebas Karantina

Retno menambahkan, demi menjaga kesehatan, pemberlakuan unilateral VTL akan menggunakan penerbangan tertentu. Kedua pihak juga akan terus membahas pembuatan travel bubble yang aman, terutama untuk destinasi Bintan (dari Singapura) dengan menggunakan kapal Ferry.

Melalui pengaturan perjalanan VTL, pelaku perjalanan dari Indonesia yang sudah divaksin lengkap dapat masuk ke Singapura tanpa melalui karantina dengan menunjukkan hasil PCR negatif, dan test lagi saat tiba di negara itu.

Singapura menyediakan kuota wisatawan asing sebanyak 10 ribu orang per hari dari semua negara yang memperoleh VTL.

  • Bagikan
131 views