Libur Nataru, Karyawan Boleh Cuti Tapi Dihimbau Tidak Bepergian

  • Bagikan
Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah

Regional.co.id, JAKARTA: Karyawan swasta yang berencana untuk mengambil cuti pada akhir tahun selama liburan Natal dan Tahun Baru dihimbau untuk tidak bepergiaan selama periode tersebut.

Himbauan ini disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dalam rangka merespon perkembangan situasai pandemic akhir-akhir ini secara nasional maupun di tingkat daerah.

“Kami mempersilahkan para karyawan swasta untuk mengambil hak cutinya saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, bagi karyawan yang mengambil cuti diimbau untuk tidak bepergian selama periode tersebut,” ujarnya kemarin dalam keterangan resmi.

Sementara bagi pekerja swasta yang memiliki alasan mendesak untuk melakukan perjalanan, diwajibkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA:   Berkunjung Ke Batam-Bintan, Turis Asing Bebas Karantina

Pemerintah telah meniadakan cuti bersama seiring terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Menag, Menaker, dan Menteri PAN-RB Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, dan Nomor 3 Tahun 2021.

“Dalam SKB tersebut, dijelaskan bahwa cuti bersama Hari Natal 2021 ditiadakan. Kami berharap keputusan ini benar-benar dipedomani oleh kita bersama,” tutur Ida.

Dia juga menjelaskan bahwa SKB tiga menteri tersebut mengikat bagi ASN dan pegawai BUMN. Sementara cuti untuk karyawan swasta atau buruh diatur melalui perjanjian kerja, peraturan perusahaan, maupun perjanjian kerja bersama.

Menurut Ida, hingga sampai saat ini pihaknya memandang hal ini cukup untuk mengatur masalah cuti karyawan termasuk dalam cuti Natal dan tahun baru. Meski cuti bersama Nataru ditiadakan, Menaker berharap momen Natal dan tahun baru bisa memicu pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:   WHO: Pandemi Covid-19 Telah Berakhir!

“Kami berharap peringatan Hari Natal dan Tahun 2022 ini menjadi momen kita bersama untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19, serta tetap saling menjaga agar tidak ada lagi lonjakan kasus positif Covid-19,” pungkasnya.

  • Bagikan
227 views