China Resmikan Jembatan Baru Sepanjang 25 km Menghubungkan Pulau di Pesisir Timur

  • Bagikan

Regional.co.id, BEIJING: Pemerintah Tiongkok baru saja meresmikan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan dua pulau di pesisir timur Provinsi Zheijiang yaitu Pulau Zhoushan dan Daishan sepanjang 25 kilometer.

Jembatan baru ini akan menjadi penghubung bagi transportasi dan lalu lintas orang dari kedua pulau dan diharapkan mampu mendorong perputaran ekonomi kedua wilayah.

Dibutuhkan waktu kurang lebih empat tahun dan 400.000 ton baja untuk membangun konstruksi jembatan tersebut.

Piao Long, Deputi Direktur Proyek Jembatan Zhoushan – Daishan, menyebutkan proyek tersebut dikerjakan secara otomatis menggunakan teknologi konstruksi terkini.

“Hampir 85% proses pengelasan jembatan dilakukan secara otomatis sehingga pekerjaan lebih efisien dan aman,” ujarnya dikutip dari laman www.scmp.com, belum lama ini.

BACA JUGA:   Gagal di Batu Ampar, CMA-CGM dan PSA Bentuk Usaha Patungan di Pasir Panjang

Jembatan itu nantinya akan menjadi penhubung bagi 200.000 penduduk yang tinggal di kedua pulau sehingga meningkatkan mobilitas kedua pulau.

Jembatan Zhoushan – Daishan tersebut melengkapi deretan jembatan bentang panjang di atas laut di China setelah pada 2018 lalu negara tersebut berhasil membangun jembatan terpanjang dunia yang menghubungkan Hongkong – Zhuhai – Macau sepanjang 55 kilometer.

Sebelumnya pada 2011, China juga berhasil meresmikan pembangunan jembatan di atas laut sepanjang 42 km yang menghubungkan kota Qingdao – Haiwan. Jembatan ini sempat tercatat di Guiness World Records konon mampu menahan gempa dan badai.

BACA JUGA:   Kepri Jadi Tujuan Investasi PLTS, Pemprov Dorong Investor Bangun Industri Baterai dan SolarPanel

Pembangunannya membutuhkan waktu 4 tahun dengan investasi RMB 14,8 miliar atau setara Sin$4,9 miliar.

Pada 2008, China juga membangun Hangzhou Bay Bridge yang menghubungkan kota Shanghai dan Pelabuhan Ningbo sepanjang 35,6 km. Total investasi jembatan ini mencapai US$1,5 miliar dan membutuhkan waktu tiga tahun pembangunannya.

Proyek jembatan panjang lain yang telah dibangun yaitu Donghai Bridge sepanjang 32,5 km yang menghubungkan kota Shanghai ke Yangshan Deep Water Port. Jembatan ini diklaim anti gempa hingga 7 SR dan badai typhoon. Total investasi pembangunnya mencapai RMB 11,8 miliar dan diperkirakan mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun.

BACA JUGA:   Blackout Sumatera, Penyebab Pemadaman Belum Diketahui!
  • Bagikan
756 views