Tak Kunjung Beroperasi, KEK Tanjung Api Api Resmi Dicabut!

  • Bagikan
Areal lahan kosong di dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Api Api, Sumatera Selatan. Pemerintah resmi mencabut status KEK karena tidak kunjung beroperasi

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo resmi mencabut status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api yang terletak di Desa Teluk Payo, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Pencabutan status tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api.

“Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 145, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5550), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” tulis pasal 1 Ayat tersebut, dikutip Jumat (21/1).

BACA JUGA:   Kembangkan Destinasi Kesehatan dan Wisata, KEK Kura-Kura Bali Butuh Investasi Rp104 Triliun

Pembangunan yang tak kunjung usai dan kawasan yang belum siap beroperasi menjadi alasan utama di balik pencabutan status khusus tersebut.

“Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api tidak dapat diselesaikan dan tidak memenuhi syarat untuk dapat dinyatakan siap beroperasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tulis pemerintah.

Bila sesuai aturan, pembangunan seharusnya dilakukan selama tiga tahun setelah PP Nomor 51 Tahun 2014 diterbitkan. Namun, pembangunannya justru tidak dapat diselesaikan, sekalipun telah diberikan perpanjangan waktu untuk pembangunan.

Rencana pencabutan ini pernah diungkap oleh Plt. Ketua Dewan Nasional KEK Ellen Setiadi. Dalam suatu webinar, dia menyatakan pemerintah telah mengevaluasi beberapa KEK yang dinilai tidak aktif dan tidak kunjung beroperasi kendati sudah diberikan perpanjangan waktu.

BACA JUGA:   KEK Sanur, Warisan Soekarno Disulap Jadi Destinasi Wisata Medis Kelas Dunia

“Hasil evaluasi kami ada 1 kawasan yang akan dicabut statusnya sebagai KEK yaitu KEK Tanjung Api Api. Kami sudah berikan perpanjangan waktu tiga kali tapi tidak kunjung beroperasi juga,” ungkapnya dalam Webinar Peran dan Tantangan KEK dalam Menunjang Ekspor, hari ini (16/9).

KEK Tanjung Api Api ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2014 yang berlokasi di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Total luas kawasan mencapai 2.030 hektar. Rencana industri yang akan dikembangkan antara lain industri pengolahan karet, sawit, dan petrokimia.

  • Bagikan
203 views