Singapura Berlakukan VTL Jalur Laut Dari Batam-Bintan Mulai 25 Februari

  • Bagikan
Terminal Feri Tanah Merah. Singapura, menjadi pintu keluar masuk pengunjung dari Batam dan Bintan

Regional.co.id, SINGAPURA: Pemerintah Singapura akan meluncurkan pengaturan vaccinated travel lane (VTL) Sea dari Batam dan Bintan di Indonesia, sebagai bagian dari upayanya untuk memulihkan konektivitas transportasi secara bertahap.

Saat ini, Indonesia mengizinkan pelancong dari Singapura untuk melakukan perjalanan di bawah skema travel bubble ke Terminal Feri Internasional Nongsapura (NIFT) di Batam dan Terminal Feri Bandar Bintan Telani (BBTFT) di Bintan, tanpa perlu karantina. Singapura sekarang akan menawarkan VTL (Laut) dari Batam dan Bintan untuk memfasilitasi perjalanan bebas karantina dua arah.

Pelancong yang divaksinasi lengkap dari Batam dan Bintan dapat memasuki Singapura di bawah VTL (Laut) mulai 25 Februari 2022, dan aplikasi untuk vaccinated travel pass (VTP) Laut akan dibuka pada 22 Februari 2022, jam 10.00 (waktu Singapura).

BACA JUGA:   7 Tempat Wisata Favorit Dunia, Bali Salah Satunya!

Sebagai permulaan, VTL (Laut) akan memungkinkan hingga 350 pelancong setiap minggu dari NIFT di Batam, dan 350 pelancong lainnya setiap minggu dari BBTFT di Bintan ke Terminal Feri Tanah Merah (TMFT) Singapura. Layanan feri VTL (Laut) yang ditunjuk antara TMFT dan NIFT/ BBTFT masing-masing akan dioperasikan oleh operator feri regional Batam Fast dan Bintan Resort Ferries.

Semua pelancong VTL (Laut) harus mengikuti dua tes COVID-19:
Pertama, Tes pra-keberangkatan, yang harus berupa tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Tes Cepat Antigen (ART)1 yang dilakukan secara profesional, dalam waktu dua hari2 sebelum berangkat ke Singapura dan mendapatkan hasil tes negatif.

BACA JUGA:   Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750.000, Ini Alasan Luhut!

Kedua, Tes ART yang diawasi pada saat kedatangan di Pusat Tes Cepat atau Pusat Tes Gabungan3 dalam waktu 24 jam setelah kedatangan dan tetap mengisolasi diri sampai hasil tes mereka dipastikan negatif.
Sedangkan anak-anak berusia dua tahun ke bawah pada tahun kalender4 tidak diwajibkan untuk menjalani tes ini.

  • Bagikan
298 views