Bangun Sirkuit Internasional di Bintan, Gallant Ventures Kucurkan Dana Rp1,2 Triliun

  • Bagikan
Rencana denah Bintan International Circuit di Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan.

Regional.co.id, BINTAN: Rencana pembangunan Bintan International Circuit di kawasan pariwisata Lagoi, Bintan dimulai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Executive Officer Gallant Ventures Pte. Ltd, Eugene Cho Park.

Setelah penandatangan MOU antara kedua pihak, dilanjutkan dengan ground breaking di lokasi sirkuit oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Plt. Bupati Bintan Robby Kurniawan, Ketum IMI Pusat, perwakilan Gallant Ventures, dan Direktur PT Bintan Resort.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo optimistis keberadaan Bintan International Circuit akan memberikan manfaat besar untuk perekonomian dan sektor pariwisata nasional.

BACA JUGA:   Kembangkan Destinasi Kesehatan dan Wisata, KEK Kura-Kura Bali Butuh Investasi Rp104 Triliun

“Kita bisa melihat keberhasilan Sirkuit Mandalika dalam memberikan dampak terhadap perekonomian daerah. Hotel-hotel, restoran, dan penerbangan penuh. Orang berdatangan ke Mandalika untuk menyaksikan gelaran Superbike,” ujarnya.

Begitu juga nanti ketika event MotoGP digelar, lanjut dia, tentu akan memberikan dampak yang luar biasa bagi pariwisata NTB dan nasional.

“Keberhasilan Mandalika juga kita harapkan terjadi di Bintan Sirkuit. Kami berharap gelaran Formula 1 di sirkuit Bintan akan mendorong peningkatan arus wisatawan dan pertumbuhan ekonomi daerah,” tutur Bamsoet.

Bintan International Circuit ini sepenuhnya dibiayai oleh investor Gallant Ventures asal Singapura yang bekerjasama dengan Bintan Resort selaku pemilik kawasan. Total biaya untuk pembangunan sirkuit dan fasilitas pendukung mencapai Rp1,2 triliun. Pembangunannya sendiri diperkirakan selama 1,5-2 tahun.

BACA JUGA:   Semakin Diminati Investor, Jumlah Tenant Di KEK Kendal Meningkat 55%

Pihak investor akan menunjuk satu konsultan dari Inggris untuk melakukan kajian lokasi dan selanjutnya akan ditetapkan oleh IMI beserta Bintan Resort.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan dukungan terhadap rencana pembangunan sirkuit di Lagoi ini karena akan memberikan dampak yang besar bagi pengembangan sektor pariwisata Bintan dan Kepri.

“Komitmen saya sebagai gubernur dan IMI untuk mempermudah perizinan agar proses pembangunan sirkuit bisa berjalan lancar. Sama-sama kita mendorong investasi sport tourism di Kepri,” paparnya.

Dalam sambutannya, Ansar juga memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo agar perhatian yang besar dalam meningkatkan perkembangan sektor olahraga otomotif di Indonesia, diantaranya dengan dibangunnya Sirkuit Mandalika dan rencana Sirkuit Bintan.

BACA JUGA:   Singapura - Malaysia Teken MOU Pengembangan Johor-Singapore Special Economic Zone

“Saya dan Kepri menganugerahkan Bapak Otomotif Indonesia kepada Presiden Joko Widodo atas atensinya terhadap perkembangan sektor otomotif di tanah air,” kata Ansar.

  • Bagikan
163 views