Turis Bisa Masuk Singapura dan Malaysia Tanpa Karantina Mulai 1 April

  • Bagikan

Regional.co.id, SINGAPURA: Terhitung mulai tanggal 1 April mendatang, turis sudah bisa masuk dan melewati perbatasan Malaysia dan Singapura tanpa tes negatif Covid dan karantina. Ketentuan ini berlaku bagi semua pengunjung dan jenis transportasi yang melewati perbatasan.

Dalam keterangan pers bersama yang dilakukan oleh perdana menteri kedua negara, disebutkan bahwa kebijakan tersebut diambil setelah mempertimbangkan perkembangan laju penularan Covid di masing-masing negara yang semakin terkendali termasuk vaksinasi.

PM Singapura Lee Hsien Loong menyatakan kebijakan pembukaan perbatasan tersebut menjadi sebuah lompatan bagi negara itu dan transisi menuju kebiasaan hidup baru dengan Covid-19.

BACA JUGA:   Kebutuhan Listrik Nongsa Digital Park Diperkirakan Capai 449 MW Pada 2030

“Ini menunjukkan kolaborasi yang kuat antara dua negara dalam menghadapi pandemi ini dan saling membantu untuk bangkit dari krisis,” ujarnya hari ini (Kamis, 24/03) dikutip dari CNA.com.

Dalam kesempatan yang sama, PM Malaysia Ismail Sabri Yaakoob menambahkan kesepakatan untuk membuka perbatasan dua negara membuktikan hubungan kerjasama kedua negara yang semakin erat.

Rilis Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menegaskan pengunjung wajib sudah mendapatkan vaksin penuh jika ingin melintas perbatasan, memiliki dokumen perjalanan yang valid termasuk Vehicle Entry Permits.

Kementerian Kesehatan Malaysia dan Singapura juga telah mengumumkan rencana pembukaan perbatasan bagi para pengunjung setelah mengevaluasi situasai pandemi kedua negara yang mulai terkendali.

BACA JUGA:   Gallant Ventures Ltd, Mengelola Kawasan Industri, Resort, hingga Sirkuit Internasional

Bagi Malaysia, pembukaan perbatasan pada 1 April nanti merupakan sebuah kemajuan setelah hampir dua tahun negara itu terisolasi sebagai upaya menekan laju penyebaran virus. Sementara itu bagi Singapura, upaya membuka perbatasan bagi pelancong sudah mulai dijajaki sejak tahun lalu dengan skala terbatas.

Termasuk skema travel bubble yang dibuat untuk turis Singapura yang ingin berkunjung ke Batam dan Bintan.

  • Bagikan
200 views