Melayani Hampir 25 Tahun, Alexa.com Pensiun Dini Mulai 1 Mei 2022

  • Bagikan
Manajemen Amazon mengumumkan penghentian layanan dan subskripsi di laman Alexa mulai 1 Mei 2022

Regional.co.id, CALIFORNIA: Bagi para pengelola website di dunia pasti sangat familiar dengan Alexa.com. Ya, ini adalah layanan pemeringkat website paling terkemuka di dunia. Layanan ini menjadi acuan para pengelola situs di dunia untuk kepentingan bisnis dan lainnya.

Setelah beroperasi selama 25 tahun, Alexa.com akhirnya pensiun dini mulai 1 Mei 2022. Keputusan ini diambil oleh Amazon selaku induk perusahaan Alexa karena disinyalir tidak lagi menguntungkan dan membebani perusahaan.

Banyak spekulasi yang muncul terkait keputusan Amazon ini sebab layanan yang diberikan Alexa ini sangat membantu para pengelola website dalam mengambil keputusan bisnis. Diperkirakan terdapat 30 juta website di dunia yang telah menggunakan layanan Alexa.

BACA JUGA:   Ekspansi Data Centre di KEK Nongsa Batam, Princeton Digital Kucurkan Investasi Rp15,2 Triliun

Alexa.com pertama kali dibentuk pada 1996 silam, tiga tahun kemudian Amazon mengakuisisi saham pada 1999 hingga 2022 ini sebelum akhirnya diputuskan untuk menghentikan seluruh layanan Alexa.com pada 1 Mei 2022.

Alexa.com dikenal sebagai Alexa Rank. Dengan menggunakan layanan pemeringkat website di Alexa kita dapat mengetahui posisi website kita di dunia, regional dan domestik, termasuk analisis asal pembaca, tingkat kunjungan ke situs.

Manajemen masih memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mengambil data API dalam sistem Alexa.com sampai dengan 15 Desember 2022. Situs itu sejak Desember 2021 lalu sudah tidak lagi menerima layanan pelanggan baru (new subscription).

BACA JUGA:   Kehilangan 3,6 Juta Pelanggan, Netflix Semakin Ditinggal

Pada laman depan situs Alexa.com, pengguna sudah disuguhkan informasi seperti dibawah ini:

We will be retiring Alexa.com on May 1, 2022

Twenty-five years ago, we founded Alexa Internet. After two decades of helping you find, reach, and convert your digital audience, we’ve made the difficult decision to retire Alexa.com on May 1, 2022. Thank you for making us your go-to resource for content research, competitive analysis, keyword research, and so much more.

We have been proud to serve you as customers.

Thank you sincerely,

The Alexa.com Team

  • Bagikan
202 views