Jalan-Jalan Ke Johor Bahru, Ingat 4 Hal Ini!

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Pemerintah Malaysia mulai membuka perbatasan dan akses jalur penyeberangan laut sehingga memudahkan para pelancong dari Indonesia (khususnya dari Kepulauan Riau) untuk kembali berkunjung menikmati destinasi wisata di negeri Jiran tersebut.

Negara bagian Malaysia yang paling sering menjadi akses masuk pelancong asal Batam dan Kepulauan Riau adalah Johor Bahru. Jarak Johor dan Batam kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kapal ferry. Sebelum pandemi, ada dua pelabuhan tujuan yaitu Pelabuhan Stulang Laut dan Putri Harbour. Dari Batam, anda bisa memilih melalui Terminal Ferry Batam Centre, Terminal Ferry Sekupang, dan Terminal Ferry Harbour Bay.

Selama dua tahun, akses ke dua pelabuhan Johor tersebut tutup karena pandemi. Kini setelah ada pembukaan akses penyeberangan, pelabuhan yang dibuka hanya Stulang Laut melalui Terminal Batam Center, Harbour Bay, dan Tanjungpinang.

Bagi anda para traveler yang sudah rindu ingin berkunjung ke Johor, sebaiknya sebelum berangkat anda perhatikan tiga hal berikut ini.

#1. Pastikan paspor anda masih berlaku.

Jalan-jalan ke negeri seberang baik ke Singapura atau Malaysia sudah lazim dilakukan oleh warga Batam. Kedekatan jarak menjadi keuntungan bagi kita untuk bolak balik ke Johor sesering yang kita mau. Namun pandemi yang melanda sejak dua tahun terakhir dan kebijakan lockdown di Malaysia dan Singapura membuat keinginan melancong jadi tertahan. Ketika kesempatan itu mulai dibuka kembali, pastikan paspor anda masih berlaku ya!

BACA JUGA:   Bisnis Makin Moncer, McEasy Dapat Suntikan Modal Rp22 Miliar Dari EastVentures

#2. Periksa jadwal keberangkatan kapal ke Johor.

Karena baru saja beroperasi, jadwal ke Johor dan sebaliknya belum sebanyak saat sebelum pandemi. Itu sebabnya, ketika pertama dibuka pada awal April lalu, banyak penumpang yang tertahan di Johor tidak bisa kembali karena kehabisan tiket. Selain karena jadwal kapal terbatas, saat itu juga berbarengan dengan kepulangan para TKI dari Malaysia. Saat ini jadwal kapal ke Johor masih berlaku dua hari sekali.

Harga tiket berangkat dari Terminat Batam Centre adalah Rp350.000 untuk dewasa sekali berangkat, dan Rp270.000 untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Konter tiket di Batam tidak melayani pembelian tiket pulang pergi.

#3. Download aplikasi MySejahtera.

Ini aplikasi seperti pedulilindungi di Indonesia. Anda bisa mendonwlad aplikasi tersebut melalui PlaySotre dan selanjutnya bisa register terlebih dulu. Anda bisa menggunakan nomor handphone lokal Indonesia sebagai MySejahtera Id dan siapkan nomor paspor anda untuk pelengkap. Setelah registrasi, anda dapat mengisi data-data terkati perjalanan di fitur ‘Traveller” dan selanjutnya setelah data terverifikasi, anda akan mendapatkan notifikasi traveller card berwarna biru di aplikasi tersebut sebagai tanda bahwa anda layak untuk masuk ke Malaysia. (Ingat, jika kartu digital anda berwarna merah maka anda otomatis akan ditolak masuk). Persyaratan sebelum mengisi aplikasi mysejahtera: sudah vaksin lengkap (minimal 2 dosis) baik anak-anak dibawah 12 tahun maupun orang dewasa, jika belum dosis lengkap maka anda wajib tes PCR 1×24 jam.

BACA JUGA:   Terdampak Pandemi, Hotel Harmoni Batam Tutup!

Sebelum masuk kapal, petugas boarding akan memeriksa aplikasi mysejahtera dan memastikan ada sudah dapat bluecard. Setibanya di Johor, petugas imigrasi dan kesehatan setempat juga akan memeriksa kembali aplikasi mysejahtera tersebut.

#4. Siapkan Stamina dan Uang yang cukup.

Pengalaman saya berkunjung ke Johor pada 6 Mei lalu, kapal yang kami tumpangi penuh. Di pelabuhan Stulang Laut, terjadi antrian yang cukup panjang dan melelahkan. Mungkin masih suasana liburan, konter Imigrasi di Stulang Laut hanya buka tiga konter saja, dua untuk turis asing, satu konter untuk warga Malaysia.

Untuk anda yang bawa anak-anak, nanti petugas akan mengarahkan anda masuk jalur cepat dan mendapat prioritas.

Setelah anda selesai cop paspor, selanjutnya ada bisa mengunjungi konter tiket yang ada di Mall Berjaya Waterfront di gedung yang sama dengan terminal kedatangan tadi. Anda perlu memastikan jadwal kepulangan ke Batam jika anda berencana berlibur akhir pekan saja. Ini untuk mengantisipasi jika penumpang membludak saat akhir pekan.

BACA JUGA:   Sidang Pleno ISEI 2022 Usung Sinergi dan Inklusifitas Ekonomi

Tiket pulang ke Terminal Batam Center adalah RM100. Sebelum, beli tiket pulang, petugas akan menyarankan anda untuk tes PCR terlebih dahulu dan menyertakan bukti fisik hasil tes sebagai lampiran ketika membeli tiket. Harga tes PCR di Johor berkisar antara RM130-150. Di dekat konter tiket di Berjaya Waterfront ada klinik yang menyediakan jasa tes PCR dengan harga RM150 dan hasil dapat diperoleh dalam waktu 24 jam.

Jika ingin lebih murah, anda bisa mencari klinik di luar Berjaya (arah ke kota) dengan harga RM130 dan hasil tes diperoleh dalam waktu 12 jam.

So, berapa total biaya yang perlu anda siapkan untuk tiket dan tes PCR. Mari kita hitung. Tiket One Way Batam-Johor Rp350.000, tiket pulang RM100 atau setara Rp355.000 (anak-anak RM72), tes PCR RM150 atau setara Rp532.500, total general Rp1.237.200 per orang. Biaya tersebut belum termasuk hotel, transportasi, dan makan minum selama di Johor. Belum lagi jika anda ingin menghabiskan waktu di Johor Premium Outlet (JPO) membeli barang-barang branded dengan harga miring.

Selamat berlibur!!

  • Bagikan
1,374 views