Hadiri KTT Asean-AS, Presiden Joko Widodo Bertolak Ke Washington DC

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers perihal kehadiran Indonesia dalam KTT Asean-AS di Washington DC, AS yang akan berlangsung pada 12-13 Mei 2022 mendatang.

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo berangkat menuju Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa (10 Mei) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean – AS yang dijadwalkan berlangsung pada 12-13 Mei mendatang.

Adapun rangkaian pertemuan yang akan dihadiri antara lain pertemuan dengan speaker policiy dan anggota kongres AS, pertemuan dengan para CEO besar dari AS, dan juga pertemuan dengan Wakil Presiden Kamala Harris dan tim perubahan iklim AS.

“Serta pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden,” ucap Jokowi dalam konferensi pers dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (10/5).

BACA JUGA:   Kuasai Istana, Pengujuk Rasa Desak Presiden Sri Lanka Rajapaksa Mundur

Jokowi menyatakan, Indonesia saat ini memegang koordinator kemitraan ASEAN – AS periode 2021 – 2024. Indonesia berharap KTT khusus tersebut akan menghasilkan kerjasama yang berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

Ia menyebut, dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN termasuk dengan AS dalam mengembangkan kerjasama yang konkret, inklusif dan saling menguntungkan.

“Kita memiliki tanggungjawab menjadi Indo Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera,” ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan, akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai yaitu tanggal 13 Mei malam dan tiba di tanah air pada minggu 15 Mei 2022. (sys)

BACA JUGA:   Siaga Perang Nuklir, Putin Siapkan Rudal 'Setan'
  • Bagikan
83 views