Rugi Rp371 Triliun, SoftBank Pangkas Investasi Startup Hingga 75%

  • Bagikan

Regional.co.id, TOKYO: SoftBank, lembaga pembiayaan raksasa asal Jepang, disebut akan mengurangi porsi investasinya di perusahaan rintisan (startup) sekitar 50% sampai dengan 75%  hingga Maret tahun depan.

Chief Executive Softbank, Masayoshi Son mengatakan, kebijakan itu dilakukan karena pendanaan modal ventura yang melambat cukup tajam di tengah kondisi pasar yang bergejolak.

“Saya akan mengatakan dibandingkan tahun lalu, jumlah investasi baru akan menjadi setengah atau bisa hanya seperempatnya,” kata Son, seperti dikutip dari Protocol, Minggu (15/5).

Pada kuartal pertama tahun ini, SoftBank diprediksi kehilangan sekitar US$ 26 miliar atau setara Rp 371,80 triliun di unit bisnis investasi milik perusahaan, yaitu Vision Fund. Kerugian ini lebih dalam dari proyeksi sebelumnya senilai US$ 18,6 miliar atau sekitar Rp 271 triliun dan lebih besar dari kuartal kedua tahun lalu di angka US$ 18,3 miliar menurut analis di Redex Research Kirk Boodry. 

BACA JUGA:   Bisnis Makin Moncer, McEasy Dapat Suntikan Modal Rp22 Miliar Dari EastVentures

Financial Times menuliskan, setelah Softbank mengumumkan hasil kuartal terakhirnya, perusahaan akan lebih menerapkan strategi yang konservatif saat ini.

Saat ini, pasar dilanda kekhawatiran dengan penurunan kinerja saham utama di Amerika Serikat seperti indeks Dow Jones yang mengalami penurunan terbesar sejak tahun 2020 pada pekan ini. Sementara pasar crypto juga turun 10%. (Sys/KataData)

  • Bagikan
87 views