Kehilangan 3,6 Juta Pelanggan, Netflix Semakin Ditinggal

  • Bagikan

Regional.co.id, CALIFORNIA: Sebuah survei menunjukkan tren Netflix tampaknya semakin ditinggalkan oleh pelanggannya (subscriber). Indikasinya, jumlah pembatalan langganan (subscription cancellation) Netflix meningkat pada kuartal pertama 2022 ini.

Survei yang dilakukan Antenna, sebuah perusahaan analitik, menyebutkan sebanyak 3,6 juta pelanggan Netflix melakukan pembatalan berlangganan selama periode Januari – Maret 2022. Ini merupakan pembatalan pelanggan tertinggi selama dua tahun terakhir.

Bila dirinci, dari 3,6 juta subscription cancellation, mayoritas (60 persen) berasal dari pengguna yang berlangganan kurang dari satu tahun lamanya, atau mencerminkan sebanyak 2,1 juta pengguna. Sisanya, pembatalan layanan Netflix berasal dari subscriber yang telah berlangganan selama 1-2 tahun (19 persen/684.000 pelanggan), pelanggan Netflix selama 2-3 tahun (8 persen/288.000 pelanggan), dan pengguna yang berlangganan lebih dari 3 tahun (13 persen/468.000 pelanggan).

BACA JUGA:   GoTo Dikabarkan akan PHK 1.000 Karyawan

Hasil tersebut didapatkan Antenna setelah mengumpulkan data dari 5 juta orang Amerika Serikat yang membagikan informasi soal informasi langganan platform streaming mereka secara anonim.

Bila dilihat dari data yang disajikan Antenna, subscription cancellation selama 2 tahun terakhir ini mayoritas berasal dari pengguna yang baru belangganan kurang dari satu tahun. Jumlahnya selalu berkisar di angka 60-70 persen.

Sementara selama dua tahun belakangan, subscription cancellation dari pengguna jangka panjang (lebih dari tiga tahun berlangganan) Netflix juga mengalami tren kenaikan, hingga tertinggi di kuartal I-2022 ini sebesar 13 persen.

  • Bagikan
304 views