Fahmi Idris, Mantan Menteri Perindustrian Era SBY Meninggal Dunia

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Fahmi Idris, mantan Menteri Perindustrian di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga politikus senior Partai Golkar meninggal dunia, hari ini Minggu (22 Mei) di Rumah Sakit Medistra karena sakit.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh anak almarhum Fahira Idris melalui akun instagramnya.

Telah berpulang ke Rahmatullah Ayah saya, Bp. Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo Wafat jam 10.00 wib di ICU RS Medistra,” katanya seperti dikutip dari akun instagram.

Rencananya, jasad Fahmi akan disemayamkan di Rumah Duka, Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan. Kemudian dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Dia meninggalkan dua orang anak dari pernikahannya dengan almarhum Kartini Merdeka dan istrinya Yenni Fatmawati.

BACA JUGA:   Perekonomian Provinsi Kepulauan Riau pada 2023 Menguat 5,20%

Semasa hidupnya Fahmi sempat menduduki berbagai jabatan penting sejak era Presiden BJ Habibie dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebagai tokoh senior Partai Golkar, Fahmi dekat dengan pemerintahan dan mengantarkannya menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di era Habibie dan Menteri Perindustrian pada era Presiden SBY.

Fahmi yang berlatar belakang pengusaha sempat mendirikan Grup Kodel yang merupakan kependekan dari Kongsi Delapan. Bisnis grup korporasi tersebut sempat menggurita mulai dari pertambangan hingga perhotelan.

Fahmi lulus pada 1969 dari Fakultas Ekonomi UI dan tercatat sebagai salah satu kader HMI yang aktif pada masanya. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Laskar Ampera Arif Rahman Hakim dan Ketua Senat Mahasiswa UI.

BACA JUGA:   Anggaran Bukber Pemko Batam Rp1,2 Miliar Dibatalkan, Netizen: Begitu ya Selama ini!

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Fahmi sempat menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Negeri Padang (UNP) pada April lalu. Prosesi penganugerahan gelar tersebut dilaksanakan di kampus UNP yang dihadiri salah satunya adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selamat jalan pak Fahmi, Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya!

  • Bagikan
80 views