Stok Menipis, Malaysia Stop Ekspor Ayam Per 1 Juni

  • Bagikan

Regional.co.id, KUALA LUMPUR: Pemerintah Malaysia menghentikan ekspor ayam mulai 1 Juni 2022 seiring makin menipisnya stok ayam di dalam negeri.

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan ekspor 3,6 juta ayam per bulan akan disetop sebagai langkah mengatasi kekurangan pasokan domestik dan kenaikan harga bahan pokok.

“Sebagai langkah jangka pendek, rapat kabinet membuat beberapa keputusan tentang masalah pasokan dan harga ayam saat ini, termasuk menghentikan ekspor 3,6 juta ayam per bulan mulai 1 Juni 2022,” ujarnya seperti dilansir Channelnewsasia.com, Selasa (24/5).

Ismail menegaskan ekspor ayam dihentikan hingga harga domestik dan produksi stabil dan pemerintah memprioritaskan kebutuhan untuk rakyat.

“Prioritas pemerintah saat ini adalah kebutuhan rakyat sendiri sampai harga dan produksi stabil.”

Ismail Sabri Yakoob, PM Malaysia

Langkah lainnya yang diupayakan ialah membuat stok penyangga dan mengoptimalkan fasilitas penyimpanan dingin yang ada di bawah kepemilikan Kementerian Pertanian dan Industri Makanan (MAFI) Malaysia.

BACA JUGA:   KTT Ke-43 Asean Tahun 2023 di Jakarta, Ini Agenda Lengkapnya!

Ismail menuturkan pihaknya juga menyederhanakan proses klaim subsidi untuk produsen ayam dan mengakui rumah potong hewan di luar Malaysia demi meningkatkan produksi daging ayam di dalam negeri.

Tidak hanya itu, pemerintah setempat juga menerbitkan izin untuk mengimpor ayam utuh dan daging ayam potong demi meningkatkan pasokan. Kemudian, mempertimbangkan budidaya jagung sebagai alternatif pakan ternak ayam.

Sebelumnya, konsumen Malaysia mengeluhkan kenaikan harga daging ayam di tengah pasokan yang langka. Bahkan, sejumlah pengecer terpaksa dijatah saat menjual daging ayam.

Federasi Asosiasi Peternak Malaysia mencatat ekspor unggas, termasuk ayam, meningkat drastis sejak 15 tahun terakhir. Pada 2007, ekspor unggas mencapai 40,10 juta ekor. Lalu, meningkat menjadi 59,08 juta ekor pada 2020.

BACA JUGA:   Hujan Buatan Dituding Jadi Pemicu Banjir Besar di Dubai, Ini Faktanya!

Singapura diketahui menjadi importir ayam dari Malaysia terbanyak. Setidaknya sepertiga pasokan ayam di Singapura diimpor dari Malaysia, diikuti oleh Brasil, dan Amerika Serikat.

  • Bagikan
242 views