Jajaki Kerjasama Sektor Perikanan, Republic Polytechnic Singapura Kunjungi DKP Kepri

  • Bagikan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri menjamu rombongan Republic Polytechnic Singapura dalam menjajaki rencana kerjasama pengembangan sektor perikanan di Kepri.

Regional.co.id, TANJUNGPINANG: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau dan Republic Polytechnic of Singapore menjajaki kerjasama bidang pengembangan perikanan budidaya di perairan Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri T.S. Arif Fadillah mengatakan daerah ini masih terkendala dalam penyediaan bibit ikan yang berkualitas dalam mendukung hasil produksi budidaya perikanan.

“Saat ini kendala kami adalah pengadaan benih yang bagus agar panen ikan bisa lebih banyak. Pasokan benih masih didatangkan dari Bali dan Situbondo-Jatim,” ujarnya di depan delegasi Republic Politechnic Singapura yang datang berkunjung ke DKP Kepri, belum lama ini.

BACA JUGA:   Pasca Bentrok Rempang, Pemerintah Upayakan Dialog Lebih Intensif Dengan Warga

Rombongan Republic Polytechnic Singapore mendatangi kantor DKP Kepri sebagai tindak lanjut kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Singapura.

Sehari sebelumnya rombongan Republic Polytechnic Singapore mengunjungi UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Pengujan, Bintan. Para delegasi Republic Polytechnic Singapore diajak berkeliling melihat alur produksi benih yang ada di UPTD BBI mulai dari pemeliharaan induk, pemeliharaan larva, pemeliharaan benih dan pemeliharaan di keramba jaring apung.

“Kemarin saya membawa ke Balai Benih Ikan untuk melihat proses kawinnya ikan, pembesaran ikan, hingga pemasukan ikan kedalam kerambah,” kata Arif.

DKP Kepri Sambut Kunjungan Republic Polytechnic Singapore, Arif Fadillah Harap Ada Investasi Perikanan
Kepala DKP Kepri T.S. Arif Fadillah saat membawa delegasi Republic Polytechnic Singapore mengunjungi UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Pengujan, Bintan. (Foto: DKP Kepri)

Arif mengatakan, dengan adanya kunjungan tersebut dapat mendorong sektor perikanan di Kepri. Jika terjalin kerja sama dan semakin banyak balai benih ikan di Kepri, nantinya masyarakat akan semangat untuk melaksanakan budidaya.

BACA JUGA:   Mantan Gubernur Riau Annas Maamun Ditahan KPK, Terkait Kasus Dugaan Suap Pengesahan RAPBD 2014-2015

“Kita berharap akan adanya investasi perikananan, tentang bagaimana produk hasil ikan dan rumput laut, karena hasil ikan di Kepri ini cukup banyak,” ujarnya.

Arif berharap dengan adanya kunjungan tersebut, nantinya akan banyak pabrik pengolahan perikanan skala besar dan mampu memenuhi skala ekspor, termasuk produk rumput laut.

“Kalau ada dorongan dari investasi, kita bisa kembangkan sesuai dengan kampung budidaya ikan di Lingga dan Karimun,” jelasnya.

Dalam kunjungan Polytechnic Republic of Singapura, lanjutnya, mereka memberikan wawasan dan pengetahuan dalam teknologi dan menarik investasi yang berminat di bidang perikanan.

Arif berharap dengan adanya pelatihan teknologi, mereka mampu mendorong di bidang investasi perikanan.

BACA JUGA:   Ketergantungan Daerah ke Pusat Masih Tinggi, Airlangga Sarankan Ini

“Kami dalam bidang perikanan, akan bekerja sama juga dengan UMRAH untuk menjalankan kerja sama dengan Polytechnic Republic of Singapura,” katanya.

  • Bagikan
95 views