Gelar JaKreatiFest 2022, BI Jakarta Dorong UMKM Naik Kelas

  • Bagikan
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko saat memberikan keterangan JaKreatiFest 2022 di Jakarta

Regional.co.id, JAKARTA: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta kembali menggelar JaKreatifFest pada 16-18 Juni mendatang yang dipusatkan di Sarinah, Jakarta pusat.

Onny Widjanarko, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, mengatakan kegiatan JaKretiFest 2022 ini merupakan sebuah kolaborasi untuk mengangkat potensi UMKM di Indonesia.

“Ini melanjutkan Karya Kreatif Indonesia yang telah dilaksanakan BI, sebuah acara kolaborasi untuk mengangkat UMKM yang digelar Mei 2022. JaKreatiFest melanjutkan acara itu,” ujarnya dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Rabu (8/6/2022).

Menurut dia, acara itu juga dalam rangka menerjemahkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia.

Momentum acara pun dirasa tepat di tengah membaiknya perekonomian tanah air tahun ini. Meskipun ada beberapa tantangan seperti inflasi hingga harga komoditas, Onny mengatakan peluang pertumbuhan ekonomi nasional, terutama Jakarta, terbuka luas. “Semua yang dilakukan ini dijalankan dengan kolaborasi dan koordinasi,” katanya.

Selain BI, JaKreatiFest juga didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan, Sarinah, hingga Bukalapak. Pada event nanti ada berbagai UMKM dari 12 provinsi tanah air yang menghadirkan ragam produk mulai dari kopi hingga wastra.

“Karena Jakarta hilir paling kuat. Barang-barang yang mahal bisa diserap di Jakarta. Di daerah asal bisa diserap tapi sedikit. Jakarta sebagai pusat perdagangan bisa jadi hilir UMKM,” ujar Onny.

BACA JUGA:   Jokowi Larang Medsos Jadi Lapak Jualan, Jutaan Pedagang TikTok Shop Terancam!

Peserta UMKM yang mengikuti pameran JaKreatiFest sebanyak 38 UMKM. Perinciannya:
a. UMKM yang mengisi booth pameran terdiri dari 12 UMKM DKI Jakarta, 2 UMKM Banten, 2 UMKM Jawa Barat, 1 UMKM Jawa Timur, dan 1 UMKM Yogyakarta.
b. UMKM yang mengisi booth ekspor terdiri dari 7 UMKM DKI Jakarta, 1 UMKM Bangka Belitung, 1 UMKM Lhowkseumawe, 1 UMKM Yogyakarta.
c. UMKM yang mengisi booth Festival Kopi Nusantara terdiri dari Aceh, Bali, Bengkulu, Jawa Timur, Jember, Kediri, NTB, dan Sulawesi Selatan.

Direktur Departemen Regional BI Suryono mengatakan, JaKreatiFest merupakan salah satu event yang strategis. Secara total, tahun ini ditargetkan ada 181 event yang digelar semua kantor perwakilan.

BACA JUGA:   BPS Ungkap Harga Beras Sudah Naik di 179 Kabupaten/Kota

“Sampai dengan Mei sudah 77 event. Kami di BI memantau optimalisasi outcome. Misalnya business matching dan sebagainya,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Direktur Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Elsya Chani menambahkan, BI turut serta menaikkan kelas UMKM binaan. “Kita tidak bisa lakukan sendiri karena keterbatasan K/L di dalam melakukan pembinaan,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Menurut Elsa, agar bisa menyeluruh, langkah itu perlu dilakukan dengan bermitra. Kuncinya adalah bersama-sama fokus pada UMKM naik kelas.

“UMKM go digital, UMKM go global. Kata-kata pendek, tapi tantangannya. UMKM beragam dari yang sangat sederhana sampai yang sudah mampu berproduksi dengan profesional. Kuncinya terus berinovasi. Kami sangat mendukung apa yang dilakukan BI Jakarta,” kata Elsa.

BACA JUGA:   Ekspor Ayam Hidup Dari Indonesia Ke Singapura, Mungkinkah?

Berikut adalah mata acara JaKreatiFest hari pertama hingga hari ketiga:
Hari pertama (UMKM, Ekonomi dan Keuangan Digital, Industri Kopi)
– Opening ceremony dan launching Kota Tua
– Pameran/expo: UMKM, kopi, ekraf & wastra berkain (all day)
– Talkshow ekspor: Pelaku UMKM sukses ekspor
– Talkshow FEKDI: QRIS dan + UMKM digital
– Live music performance (band)

Hari kedua (UMKM Syariah, Ekonomi Kreatif, Wastra Berkain)
– Pameran/Expo: UMKM, Kopi, ekraf & wastra berkain (all day)
– Talkshow Pariwisata Jakarta “what to do in Jakarta” – new experience tourism in Jakarta
– Talkshow Ekonomi Syariah: Industri halal Jakarta
– Talkshow Ekonomi Kreatif : Industri musik
– Fashion Show: Wastra berkain
– Special music performance

Hari ketiga (UMKM dan Pariwisata)
– Pameran/expo: UMKM, kopi, ekraf (all day)
– Live music performance (band)
– Closing ceremony

  • Bagikan
65 views