Jasad Eril Ditemukan, Ridwan Kamil Bertolak Ke Swiss

  • Bagikan

Regional.co.id, BERN: Pihak kepolisian Bern, Swiss memastikan bahwa jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan di Bendungan Engehalde.

“Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern,” demikian laporan keterangan Polisi Bern, Kamis (9/6/2022).

Polisi melakukan pemeriksaan forensik terhadap jasad yang ditemukan. Hasilnya dipastikan itu adalah jasad Eril yang hilang sejak Kamis 26 Mei 2022.

“Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban tewas adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini,” katanya.

BACA JUGA:   Pasca Bentrok, BP Batam Tetap Lanjutkan Rencana Pengosongan Pulau Rempang

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengungkapkan pihak kepolisian yang bertanggung jawab atas pencarian Eril telah menyerahkan seluruh berkas ke kantor Pengadilan Bern. Jasad Eril akan langsung diserahin ke pihak keluarga yang berada di Bern.

Setelah seluruh berkas diperiksa, pihak pengadilan membolehkan pihak keluarga untuk mengambil jasad Eril.

“Sekitar 2 jam yang lalu pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril,” kata Muliaman dalam konferensi pers secara virtual, hari ini.

Muliaman menegaskan kalau KBRI Bern memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam. Selain itu, ia juga menyampaikan kalau KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi Eril ke Indonesia.

BACA JUGA:   Tidak Ada Pembatalan Travel Bubble, Kepri Siap Sambut Turis Asing

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis pagi, 9 Juni 2022 bertolak ke Swiss bersama ajudannya untuk menjemput jenazah Eril di Swiss. Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil berangkat ke Swiss bersama para ajudannya tanpa mengajak istri, Atalia Praratya dan Camillia Laetitia Azzahra atau Zara.

Ridwan Kamil sendiri dilaporkan telah mengajukan cuti selama 11 hari mulai Kamis ini hingga Ahad pekan depan, 19 Juni 2022. “Untuk tujuan kepentingan keluarga dalam hal ini kedukaan anggota keluarga,” kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Luar Negeri Benni Irawan saat dihubungi Tempo via pesan singkat, Kamis, 9 Juni 2022.

Kedutaan Besar RI atau KBRI di Swiss malam ini menggelar konferensi pers untuk mengungkapkan kabar terbaru pencarian Eril. Hingga Selasa 7 Juni 2022, pencarian sudah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah sungai Aare dan Eril belum juga ditemukan sebelum akhirnya polisi mendapati jasad Eril di bendungan.

BACA JUGA:   Kabar Duka, Menteri PAN/RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

  • Bagikan
178 views