Jalan-Jalan Ke Singapura, Jangan Lupa Unduh Aplikasi Ini!

  • Bagikan
SG Arrival Card

Regional.co.id, BATAM: Bagi anda yang sudah tidak sabar ingin jalan-jalan ke Singapura, sekarang sudah lebih dekat karena Terminal HarbourFront Centre Singapore sudah dibuka kembali pada 15 Juni kemarin melayani beberapa rute terminal di Batam yaitu Batam Centre, dan HarbourBay.

Kendati syarat-syarat yang memberatkan sudah dihapuskan seperti kewajiban memiliki asuransi kesehatan dan tes antigen namun ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi oleh penumpang yang ingin melancong ke Singapura. Berikut beberap syaratnya.

#1. Unduh sertifikat vaksin versi WHO di pedulilindungi

Caranya: Buka aplikasi pedulilindungi di handphone anda, kemudian masuk ke menu Vaccine and Immunization. Lalu masuk ke menu Covid-19 Vaccination, pilih menu Vaccine Certificate. Kemudian dibawah nama anda ada tulisan “Sertifikat Perjalanan Luar Negeri”, anda pilih menu ” + Sesuaikan Format Sertifikat”.

Disini anda disuruh pilih negara tujuan. Anda tinggal isikan kolom “pilih negara/wilayah asal”, anda tuliskan “Singapore – WHO/UE”. Selanjutnya ada tinggal pilih jenis sertifikat yang dibutuhkan, karena untuk wilayah Asia, anda bisa contreng “sertifikat WHO”.

BACA JUGA:   Resmikan Tourism Creativity Centre di Danau Toba, Sandiaga Kejar Target 4,4 Juta Lapangan Kerja

Setelah itu akan muncul pilihan indentitas sertifikat, anda pilih nama anda yang tertera diaplikasi tersebut. Jika anda butuh penyesuaian nama (misal, nama anda tidak sesuai dengan paspor), maka anda perlu klik “butuh penyesuaian nama”.

Nanti akan keluar pop-up ‘Penyesuaian Nama’, anda tinggal tuliskan nomor paspor dan nama lengkap sesuai paspor. Selanjutnya, anda akan mendapatkan QR sertifikat vaksin perjalanan luar negeri dan anda dapat men-download sertifikat internasional anda pada menu yang tersedia.

#2. Mengisi Singapore Arrival Card secara online

Pada tahap ini anda perlu menginstal aplikasi SG Arrival Card untuk mendaftarkan rencana kedatangan anda ke Singapura. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play atau AppStore.

Setelah diunduh, anda langsung masuk ke dalam aplikasi dan pada halaman depan, anda diminta memilih keperluan anda masuk ke Singapura. Disitu ada tiga pilihan, 1. Resident & LongTerm Pass Holders, 2. Foreign Visitor, dan 3. Cargo Clearence using Vehicle License Number.

BACA JUGA:   Kunjungan Wisman ke Batam Melonjak 105,68%, BPS: Didominasi Turis Singapura!

Anda pilih nomor 2. Foreign Visitor. Kemudian pilih ‘Individual Submission”, anda akan diarahkan dalam halaman kosong, anda lihat tanda “+” di sudut kanan atas, silahkan diklik, nanti akan muncul pertanyaan “Have you taken any Covid-19 vaccination?, pilih ‘Yes’, lalu anda akan diarahkan (redirected) ke ICA e-services webpage, klik ‘OK’.

Di halaman ICA e-services, anda pilih status anda sebagai Foreign Visitor, klik dan pilih ‘individual submission’, kemudian anda diminta mengisi personal information seperti full name (in passport), passport number, date of birth, nationality, lalu klik ‘confirm’.

Selanjutnya anda diminta mengisi data kelengkapan lainnya. Setelah diisi, anda diarahkan untuk mengisi rencana perjalanan. Disini, syarat wajib pengisian harus 3 hari sebelumnya, artinya jika ada mengisi ICA Arrival Card pada hari ini tanggal 16 Juni maka rencana keberangkatan anda harus tanggal 18 Juni atau diatasnya. Jika kurang dari itu, sistem akan me-reject permohonan anda.

BACA JUGA:   Jalan-Jalan Ke Johor Bahru, Ingat 4 Hal Ini!

Anda diminta mengisi tanggal keberangkatan dan mode of travel. Silahkan pilih ‘SEA’ jika anda berencana pergi naik kapal ferry.

Kemudian anda isi mode of travel (details), anda pilih “FERRY”, isikan nama kapal nya (Vessel Name) dan type of accomodation, pilih ‘HOTEL’. Lalu isi Name of Hotel, jika belum ada bisa diisi dengan ‘OTHERS, dan seterusnya.

Selanjutnya sistem akan memberikan preview submission anda dan pemberitahuan akan dikirimkan melalui alamat email sudah anda tulis di awal pengisian.

#3. Mengunduh aplikasi Trace Together.

Aplikasi ini hanya dapat anda gunakan setelah anda melewati konter imigrasi di Singapura. Karena sistemnya terintegrasi dengan SG Arrival Card. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Google playstore atau Apple Store.

Simpan salinan sertifikat vaksin internasional anda di dalam smartphone anda karena nanti akan ditanya oleh pihak imigrasi saat kedatangan.

Selamat mengisi, selamat liburan..

  • Bagikan
2,958 views