Markas Komando Armada I Dipindah Dari Jakarta ke Tanjungpinang, Ini Alasannya!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Markas Komando Armada I (Koarmada) I diputuskan pindah dari Jakarta ke Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau pada 5 Desember 2022 mendatang.

Menurut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, pemindahan Markas Komando Armada I (Koarmada I) dari Jakarta ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau karena faktor konstelasi geografis.

“Faktor geografis tersebut seperti wilayah yang dianggap mempunyai kerawanan strategis, misalnya, Perairan Sabang, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Natuna Utara, hingga Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) yang melintasi Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, Samudra Hindia,” ujarnya saat serah terima jabatan di Kompleks Satuan Kapal Koarmada I, Tanjung Priok.

BACA JUGA:   Mantan Gubernur Riau Annas Maamun Ditahan KPK, Terkait Kasus Dugaan Suap Pengesahan RAPBD 2014-2015

Dia menegaskan tujuannya untuk lebih memudahkan dan lebih efisien apabila unsur-unsur armada ini ada di satu lokasi yaitu di Tanjung Uban sebagai pangkalan kapal perang.

Selain karena dua faktor tersebut, pemindahan ini juga seiring dengan beroperasinya satuan baru hasil validasi organisasi TNI AL, yakni Koarmada Republik Indonesia (Koarmada RI) yang bermarkas di Jakarta. Yudo menargetkan pemindahan markas tersebut mulai efektif pada 5 Desember 2022 atau bertepatan pada saat peringatan Hari Armada.

Nantinya, TNI AL memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah tersedia di Tanjungpinang, misalnya, untuk mengisi kebutuhan prajurit Kormada I, TNI AL akan menarik personel dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV/Tanjungpinang.

BACA JUGA:   Raffi Ahmad Bakal Sulap Medan Zoo Jadi Objek Wisata Terpadu

Adapun personel TNI AL yang sebelumnya bertugas di Koarmada I akan mengisi pos-pos di Koarmada RI di Jakarta. Selain pemindahan Markas Koarmada I, TNI AL akan menggeser Markas Lantamal IV/Tanjungpinang ke Batam. Prajurit TNI AL yang sebelumnya bertugas di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam akan digeser untuk mengisi pos di Lantamal IV.

“Jadi tidak secara besar-besaran sehingga lebih efektif, efisien karena sarana prasarana sudah memenuhi syarat,” ucap Yudo.

  • Bagikan
389 views