Usung Konsep Hijau, Bintan International Circuit Siap Tampil Beda

  • Bagikan
Rencana denah Bintan International Circuit di Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan.

Regional.co.id, JAKARTA: Bintan International Circuit yang berada di kawasan pariwisata Lagoi, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau akan menjadi green circuit pertama di Indonesia yang memadukan ecotourism dan sport tourism.

Dalam pertemuan antara Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo, Sabtu (18/6) lalu, keduanya membahas perkembangan pembangunan sirkuit internasional yang diproyeksikan mampu menggelar ajang Formula 1 di Indonesia.

“Keunggulan sirkuit Bintan ini karena berdekatan dengan wilayah konservasi hutan bakau dan tentu konsep yang dikembangkan adalah green circuit. Konsep ini sejalan dengan pokok pembahasan KTT G20 mendatang soal pelestarian lingkungan,” ujar Bambang.

BACA JUGA:   Antisipasi Inflasi Tinggi, Jokowi: Kepala Daerah Jangan Diam!

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan soal konservasi hutan bakau juga menjadi perhatian utama dari Presiden RI Joko Widodo, bahkan Presiden Jokowi sempat menanam bakau di pulau Setokok, Batam, pada 28 September 2021 yang lalu.

Hutan bakau atau mangrove dapat berfungsi untik memperbaiki ekosistem di pesisir pantai, mengurangi abrasi air laut, dan megurangi emisi karbon lebih banyak dibandingkan hutan-hutan tropis di darat. Adapun, pemerintah menargetkan merehabilitasi 34.000 hektare hutan mangrove pada tahun ini dan 600.000 hektare hingga 2024.

“Hutan mangrove di sekitar sirkuit itu memang sangat luas, bisa satu setengah jam kalau kita berkeliling, jadi konsep sirkuit ini sangat berwawasan eco tourism,” ujar Gubernur Ansar.

BACA JUGA:   Selain SJ dan RU, Kasus Korupsi Perum Perindo Seret 3 Tersangka Lain

Rencananya sirkuit di Bintan tersebut akan diberi nama Bintan International Green Circuit dengan panjang lintasan mencapai 5,2 Km dengan 17 tikungan dengan menawarkan suasana hutan konservasi bakau yang masih asri dalam kawasan Lagoi.

Sementara itu General Manager Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab sangat optimis Bintan International Green Circuit bisa menjadi daya tarik wisatawan asing di kawasan Indonesia Barat. Apalagi Lagoi Bintan sudah dikenal sebagai kawasan wisata terpadu yang banyak menawarkan eco tourism dan sport tourism.

“Adanya Bintan International Green Circuit ini semakin melengkapi fasilitas yang sudah ada di Lagoi, jadi pasar wisatawan internasional kita akan semakin tertarik datang ke Bintan,” kata Abdul Wahab.

BACA JUGA:   PHK di GoTo dan Shopee, Ini Penyebabnya!

Pertemuan tersebut dihadiri mantan pebalap mobil nasional Tinto Soeprapto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri Ikhsan, Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dody Sepka, dan sejumlah konsultan yang ahli di bidang balap motor.

  • Bagikan
70 views