Imbas Harga Tiket Jakarta-Singapura Tembus Rp17 Juta, Rute Ke Batam Penuh!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Harga tiket tujuan Jakarta – Singapura yang semakin mahal dalam beberapa minggu terakhir mengakibatkan rute ke Batam penuh. Harga tiket ke Singapura paling mahal dijual Rp17 juta sekali berangkat!

Dikutip dari laman traveloka.com, harga tiket Jakarta-Singapura untuk keberangkatan tanggal 25 Juni 2022 dijual pada harga Rp17 juta sekali berangkat oleh maskapal Phillipines Airlines yang ditempuh dalam waktu 21 jam.

Rincian penerbangannya Jakarta – Manila berangkat pada pukul 00.45 wib tujuan Manila dengan estimasi sampai pada pukul 6.10 waktu setempat atau perjalanan kurang lebih 5 jam. Selanjutnya, penerbangan dari Manila ke Singapura pada pukul 19.10 dan sampai pada pukul 22.55 waktu Singapura.

BACA JUGA:   Potensi Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Pengguna Transportasi Laut di Kepri

Selain Phillipines Airlines, rute Jakarta – Singapura juga ditawarkan oleh maskapai Lion Air kerjasama dengan maskapai Scoot. Tiket dijual pada harga Rp9 juta dengan penerbangan transit selama 36 jam dari Jakarta-Makassar, dan Makassar-Singapura.

Maskapai Batik Air juga menjual pada harga Rp9 juta dengan rute penerbangan transit selama 30 jam dari Jakarta – Bali, dan Bali- Singapura.

Rata-rata penerbangan ke Singapura melalui rute transit dengan harga yang beragam mulai dari Rp4 juta hingga Rp9 juta.

Harga jual tiket yang mahal ini membuat sebagian penumpang dari Jakarta memilih rute alternatif ke Batam. Situasi ini menyebabkan harga tiket Jakarta – Batam juga merangkak naik, dan tidak hanya tiket yang mahal tapi juga fully-booked alias penuh.

BACA JUGA:   Tingkatkan Kapasitas Hingga 6,7 Juta TEUs, Batu Ampar butuh US$1,12 Miliar

Untuk keberangkatan ke Batam hari Rabu tanggal 22 Juni besok jika dipesan hari ini, sudah tidak ada lagi maskapai yang tersedia. Untuk keberangkatan Kamis, 23 Juni, hanya tersedia tiga penerbangan oleh maskapai Lion Air dengan penerbangan transit Jakarta – Pekanbaru, Pekanbaru – Batam dengan harga Rp1,9 juta.

Bahkan untuk pemesanan tiket sampai tanggal 30 Juni mendatang, harga tiket masih bertahan di level Rp1,2 juta sekali berangkat.

Mahalnya harga tiket Jakarta – Singapura ini diakui oleh pelancong asal Jakarta yang dijumpai di salah satu hotel di Singapura, pekan lalu.

BACA JUGA:   Booster Jadi Syarat Penerbangan, Anda Bisa Vaksin Di Bandara

Dewi, yang berprofesi sebagai pedagang, mengakui datang ke Singapura melalui rute pesawat Jakarta – Batam dan menggunakan fery ke Singapura dari Batam Centre.

“Tiket mahal pak, waktu saya ke sini harga tiket ke Singapura sudah sampai Rp5 juta sekali berangkat. Lebih baik saya transit ke Batam dan ke sini naik ferry,” ujarnya.

  • Bagikan
168 views