Nasdem-Demokrat Buka Peluang Koalisi, Surya: Kemungkinan Itu Ada!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Pertemuan selama 2,5 jam antara Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono membuka peluang kedua partai untuk berkoalisi dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

“Ada (kesepakatan dengan Demokrat). Ini tadi dibicarakan kesepakatan. Belum (mendorong AHY jadi cawapres), itu masih belum,” ujar Surya di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Juni 2022.

Surya mengakui Partai NasDem memiliki hubungan yang kuat dengan Partai Demokrat. Hal ini, menurut Surya, menjadi modal utama yang bisa dikapitalisasi oleh NasDem utuk menuju sesuatu. 

“Kemungkinan (koalisi) itu ada. Cuma kan belum pada hari ini. Tapi kemungkinan itu ada. Cukup besar (kemungkinan berkoalisi),” kata Surya. 

BACA JUGA:   Blokir 10 Rekening Rafael Alun, PPATK Lacak Aliran Dana Ilegal!

Dalam pertemuan kemarin, AHY datang dengan ditemani oleh sejumlah elite partai lainnya, seperti Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Andi Arief, dan Benny K. Harman. 

Sementara itu Surya Paloh ditemani oleh Sekjen NasDem Johnny Gerard Plate dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dalan pertemuan itu, seluruh anggota Demokrat dan NasDem makan siang bersama sambil membahas mengenai kondisi politik serta ekonomi Indonesia. 

AHY sudah tiga kali bertemu dengan Surya Paloh. Walaupun tidak secara eksplisit mengumumkan koalisi dalam menghadapi pilpres mendatang, namun kedua partai biru tersebut berpeluang untuk mengajukan calon bersama.

BACA JUGA:   Alokasi Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp71,3 Triliun, Ini Rinciannya!

Apalagi dalam beberapa survei, pasangan Anies Baswedan (calon presiden hasil Rakernas Nasdem) memiliki elektabilitas yang cukup tinggi jika dipasangkan dengan AHY.

Walau nama AHY tidak masuk dalam tiga tokoh rekomendasi Rakernas Nasdem, namun AHY dan Partai Demokrat hari ini memiliki angka popularitas yang cukup tinggi. Ini menjadi modal yang cukup bagi AHY dan Demokrat untuk menjalin koalisi dengan partai lain.

  • Bagikan
30 views