Jokowi Undang Negara G7 Hadir dalam KTT G20 di Bali

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo hadir dalam pertemuan G7 di Schloss Elmau, Jerman. Dalam kesempatan itu Jokowi mengundang seluruh negara G7 untuk hadir dalam KTT G20 di Bali, November mendatang

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kelompok 7 (G7) menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung pada November mendatang di Bali.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan permintaan itu disampaikan Jokowi saat menghadiri KTT G7 di Jerman. 

“Presiden meminta dukungan dan semua kehadiran negara G7 di KTT G20,” ujar Retno dalam konferensi pers virtual usai mendampingi Jokowi di KTT G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin (28/6).

Anggota G7 di antaranya, Jerman, Prancis, Jepang, Kanada, Italia, Inggris dan Amerika Serikat. Seluruh anggota G7 juga merupakan negara G20.

Dalam acara KTT itu, Jokowi juga menyinggung soal energi dan pangan dalam dua diskusi yang berbeda.

BACA JUGA:   Ekonomi Makin Merosot di Swedia, 3.500 Usaha Bangkrut!

Pada diskusi pertama, orang nomor satu di Indonesia itu menyatakan risiko perubahan iklim sangat nyata bagi perekonomian dunia, terutama bagi Indonesia dan negara berkembang lainnya.

Adapun soal isu pangan, Jokowi menyampaikan rakyat di negara berkembang terancam kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan.

“Ini adalah permasalahan hak asasi manusia yang mendasar,” kata Retno mengutip pernyataan Jokowi.

Usai dari Jerman, Jokowi akan berangkat ke Ukraina melalui Polandia untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky.

Tujuan Jokowi ke Ukraina dan Rusia disebut untuk mendorong resolusi damai atas konflik yang terjadi antara kedua negara yang tengah berperang.

Terkait kunjungan Jokowi ke Moskow, salah satu media pemerintah Rusia melaporkan akan berlangsung pada 30 Juni mendatang.

BACA JUGA:   Kabur Ke Singapura, Presiden Sri Lanka Rajapaksa Batal Mengundurkan Diri

  • Bagikan
166 views