Komisi Persaingan Usaha Malaysia Evaluasi Laporan Investigasi Kartel Ayam

  • Bagikan

Regional.co.id, KUALA LUMPUR: Komisi Persaingan Usaha Malaysia (Malaysia Competition Commission/MyCC) tengah mengavaluasi hasil laporan investigasi dugaan kartel perdagangan ayam yang dilakukan satuan tugas yang dibentuk berdasarkan arahan dari National Act Council on Cost of Living (NACCOL).

Dalam keterangan resmi yang dirilis pada 28 Juni lalu, MyCC dipimpin oleh ketua Dato Seri Mohd. Hishamudin Bin Md Yunus dan delapan anggota lain menggelar rapat khusus untuk pengajuan laporan investigasi tersebut.

“Jika ada bukti kartel, keputusan yang diusulkan berdasarkan Bagian 36 UU Persaingan Usaha Tahun 2010 maka akan dikeluarkan terhadap pihak-pihak terkait. Dalam hal tidak ada bukti untuk menunjukkan unsur-unsur pelanggaran, Komisi akan menutup penyelidikan sesuai dengan Bagian 16 Undang-Undang Persaingan Usaha 2010,” demikian tulis laporan tersebut.

BACA JUGA:   Harga Minyak Tembus US$100 per barel, Ekonomi Global Berpotensi Melambat!

Dalam hal yang pertama di mana keputusan yang diusulkan dikeluarkan, pihak-pihak terkait akan diberi kesempatan untuk menyampaikan pembelaannya secara tertulis dan/atau lisan kepada MyCC setelah keputusan yang diusulkan dikeluarkan dan disajikan di para pihak.

Selanjutnya, MyCC akan mengeluarkan keputusan akhir apakah ada temuan pelanggaran atau non-pelanggaran Undang-Undang Persaingan 2010. Jika ditemukan adanya pelanggaran maka MyCC untuk mengenakan penalti finansial hingga 10% dari omzet para pihak di seluruh dunia dan/atau arahan lain yang sesuai yang dianggap cocok oleh MyCC.

Dugaan kartel di industri ayam mencuat sejak awal tahun ini dan berujung pada penghentian akvitias ekspor ayam per 1 Juni lalu. Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen mencium adanya indikasi kartel ini dalam perdagangan ayam di Malaysia.

BACA JUGA:   Bukan Malaysia dan Indonesia, Ternyata ini Negara Eksportir Ayam Terbesar ke Singapura!

Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen Malaysia Alexander Nanta Linggi memastikan investigasi yang dilakukan Komisi Persaingan Usaha Malaysia (MyCC) terhadap dugaan kartel ayam ini akan selesai pada akhir Juni mendatang.

“Inisiatif untuk investigasi ini dilakukan oleh MyCC terhadap seluruh pemain industri unggas di Malaysia termasuk aktivitas upstream dan downstream,” ujarnya.

  • Bagikan
101 views