Pemerintah Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan Lewat Jokowi Untuk Putin

  • Bagikan

Regional.co.id, KYIV: Dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.  Namun pihak Ukraina justru membantah hal tersebut.

Saat kunjungan di Rusia, Presiden Jokowi mengatakan bahwa sudah menyampaikan pesan Zelensky ke Putin. “Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin,” kata Jokowi dikutip dari AFP, setelah berbicara dengan pemimpin Rusia tersebut.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Jumat (1/7/2022) mengonfirmasi ada pesan dari Zelensky untuk Putin, tetapi tidak tertulis. Pesan Zelensky memang dibuat tidak tertulis. 

BACA JUGA:   Kuasai Istana, Pengujuk Rasa Desak Presiden Sri Lanka Rajapaksa Mundur

“Itu bukan pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” katanya ketika ditanya oleh jurnalis media TASS tentang isi pesan Zelensky.

Namun Kantor kepresidenan Ukraina membantah ada pesan khusus untuk Vladimir Putin melalui Presiden Jokowi.

Menurut Serhii Nikiforov, Sekretaris Kantor Presiden Ukraina, jika Presiden Zelensky ingin mengatakan sesuatu kepada presiden Putin maka dia akan melakukannya secara terbuka dan hal itu bisa disampaikan dalam pidato hariannya.

“Pesan apa pun, jika presiden Ukraina ingin berbicara dengan seseorang, dia melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” kata Nikiforov dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita Ukraina, Pravda yang diterbitkan pada Kamis, 30 Juni 2022.

BACA JUGA:   Boris Johnson Mundur Dari Pencalonan, Rishi Sunak Selangkah Lagi Jadi PM Inggris

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar Ukraina dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus pembicaraan antara presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kiev,” kata Serhii Nikiforov dikutip dari Ex Bullet In, Senin 4 Juli 2022.

Nikiforov mengatakan pihak Rusia bertanggung jawab penuh atas terganggunya ekspor gandum dari Ukraina ke Indonesia, serta bagian dunia lainnya. “Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang mungkin timbul karena pelabuhan Ukraina yang diblokir,” kata Nikiforov.

Menurutnya, hal tersebut sudah dibahas secara detail oleh presiden Zelensky dengan Presiden Jokowi di Kiev.

Sebelumnya usai pertemuannya dengan Preside

BACA JUGA:   Tragis! Najib Razak jadi Eks PM Malaysia Pertama Yang Masuk Penjara

  • Bagikan
86 views