6 Orang Tewas Korban Penembakan Saat Pawai Hari Kemerdekaan AS, Pelaku Masih Buron

  • Bagikan
Petugas kepolisian berjaga di sekitar lokasi penembakan saat parade Hari Kemerdekaan AS di Negara Bagian Illinois, AS, Senin (04/07)

Regional.co.id, ILLINOIS: Enam orang tewas dan sedikitnya 12 orang terluka saat ketika seorang pria dengan senapan melepaskan tembakan dari atap sebuah gedung pada parade Hari Kemerdekaan AS di pinggiran Chicago di Highland Park, Illinois pada Senin (04/07).

Polisi mengatakan mereka telah mengidentifikasi seseorang yang bertanggungjawab dalam penembakan itu, bernama Robert E Crimo III, 22 tahun, yang berasal dari daerah tersebut. Tersangka mengendarai Honda Fit warna perak buatan tahun 2010.

“Dia teridentifikasi bersenjata dan berbahaya. Kami himbau untuk tidak mendekat jika melihat orang ini,” kata juru bicara departemen sheriff Christopher Covelli kepada wartawan.

BACA JUGA:   Presiden Zelensky Sambut Jokowi di Istana Marinsky Ukraina

Pihak kepolisian mengatakan sebuah senapan ditemukan dari tempat kejadian. Sedikitnya 26 orang terluka – 25 dengan luka tembak – termasuk empat atau lima anak-anak. Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan mereka yang terluka berusia antara 8 hingga 85 tahun.

Penembak melepaskan tembakan sekitar pukul 10.15 pagi, ketika pawai sudah berjalan sekitar tiga perempat, kata pihak berwenang. Covelli menambahkan bahwa penembakan itu terjadi dari atap sebuah bangunan yang dicapai pria bersenjata itu melalui tangga gang yang terpasang di gedung yang tidak aman.

Polisi mengatakan pria bersenjata itu masih buron dan mereka meminta gambar ponsel serta video pengawasan untuk membantu menemukannya.

BACA JUGA:   Berdalih Pemeliharaan, Rusia Stop Aliran Gas ke Eropa

Petugas Koroner Rumah Sakit Lake County Jennifer Banek mengatakan lima orang yang tewas dalam pawai itu adalah orang dewasa dan dia tidak memiliki informasi tentang korban keenam yang dibawa ke rumah sakit dan meninggal di sana.

Roberto Velasco, direktur Meksiko untuk urusan Amerika Utara, mengatakan pada hari Senin bahwa satu warga negara Meksiko tewas di Highland Park dan menambahkan bahwa dua orang Meksiko lainnya terluka.

  • Bagikan
37 views