DPR Sahkan Tiga UU Baru, Mahfud: Jumlah Provinsi Menjadi 37

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Indonesia resmi memiliki 37 provinsi setelah DPR-RI mengesahkan tiga undang-undang tentang pembentukan tiga provinsi baru yaitu Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melalui kanal youtube Kemenko Pulhukam RI yang ditayangkan Selasa (5/7), menyatakan bertambahnya jumlah provinsi di Indonesia saat ini.

“Resminya menjadi 37 provinsi. Tentunya kalau berdasarkan undang-undang sudah, tinggal implementasinya nanti akan ditetapkan oleh pemerintah,” kata Mahfud.

Mahfud berkata Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan sudah resmi menjadi provinsi. Ketiga daerah itu diresmikan melalui pengesahan tiga undang-undang di DPR RI.

BACA JUGA:   Survei Terbaru, Elektabilitas Capres 01 dan 03 Meningkat, 02 Stagnan!

Dia berkata pemerintah akan menyempurnakan pembentukan tiga provinsi itu dalam waktu dekat. Pemerintah sedang merumuskan payung hukum untuk mendirikan pemerintahan di tiga daerah tersebut.

Pemerintah, ucapnya, juga akan merumuskan sistem keterisian wakil rakyat untuk tiga provinsi itu. Mahfud berkata instrumen hukum bisa berupa peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kemendagri akan segera mengusulkan proposal atau bentuk hukum yang akan diajukan tentang itu kepada kita semuanya. Kita tinggal menunggu dan insya Allah waktunya cukup,” ujarnya.

Sebelumnya, DPR dan pemerintah menyepakati tiga undang-undang mengenai daerah otonomi baru (DOB) di Papua. Kesepakatan itu melahirkan tiga provinsi baru, yaitu Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan.

BACA JUGA:   Tipu Ratusan Jamaah Umrah, Pemilik Travel PT Naila Ditangkap Polisi!

DOB tersebut merupakan usulan pemerintah yang diajukan ke DPR. Proses pembentukan DOB diwarnai penolakan dari kalangan masyarakat Papua. (Sys/CNNIndonesia)

  • Bagikan
76 views