Ini Daftar Mobil Yang Tidak Boleh Pakai Pertalite, Termasuk Avanza?

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sedang merumuskan pelarangan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar Subsidi untuk mobil mewah berdasarkan spesifikasi Cubicle Centimeter (cc) di atas 2.000.

Saat ini PT Pertamina (Persero) dengan mendorong pendaftaran pembelian BBM Pertalite dan Solar subdidi tersebut melalui website MyPertamina untuk 11 wilayah per 1 Juli 2022 kemarin.

Tujuan pendaftaran pembelian Pertalite dan Solar Subsidi tersebut supaya konsumsi jenis BBM itu lebih tepat sasaran. Makanya saat ini pemeirntah dan Pertamina sedang membahas mengenai larangan atau pembatasan pembelian kepada mobil mewah dan motor mewah dengan CC di atas itu.

BACA JUGA:   Bukan di Indonesia, Ini Alasan Tesla Buka Kantor di Malaysia!

Lalu apakah mobil yang dipakai oleh sejuta umat warga Indonesia seperti Avanza dan Xpander ikut kena pelarangan? Seperti yang diketahui, bahwa mobil Toyota Avanza memiliki kapasitas mesin 1.300 dan 1.500 cc. Sementara itu mesin Mitsubishi Xpander ditenagai dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1499 cc.

Itu artinya, jika aturan pemerintah berlaku, maka kendaraan tersebut lolos dari larangan pembelian Pertalite dan Solar Subsidi.

Mengutip CNN Indonesia dari merek Toyota, ada beberapa mobil bensin dengan kapasitas mesin di atas 2.000 cc, antaranya Alphrad, Vellfire, Fortuner 2.7, Camry, dan mobil sport Supra.

Berikutnya Hyundai Santa Fe 2.5, Mercedes-Benz, GLE 450 4MATIC AMG Line, GLE 450 4MATIC Coupé AMG Line, GLS 450 4MATIC AMG Line, Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC, S 450 4MATIC, dan Mercedes-Maybach S 580 4MATIC+.

BACA JUGA:   Bertemu Elon Musk, Menko Marinves Luhut Panjaitan Bahas soal Ini!

Selanjutnya BMW, antaranya 740Li Opulence, 840i Gran Coupé M Technic, 840i Coupé M Technic, X5 xDrive40i xLine, M3, M4, M5, hingga M8. Namun begitu, sejumlah model premium lain dan mobil kategori lawas terpantau banyak yang menggunakan mesin bensin dengan kapasitas di atas 2.000 cc seperti halnya Mitsubishi Pajero Sport.

Pajero Sport sebelumnya sempat dijual dengan mesin V6 3.000 cc, namun sejak 2016 atau saat all new meluncur, varian ini dihilangkan. (Sys/CNBC)

  • Bagikan
130 views