Pengguna TikTok Habiskan Waktu Rata-Rata 95 Menit, Anda Berapa?

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Pengguna aktif TikTok tercatat menghabiskan waktu hingga 95 menit pada kuartal kedua 2022 lalu, melewati Facebook, Instagram, Snapchat dan Youtube.

Menurut Power User Curve di Consumer Intelligence dari Sensor Tower, secara global, rata-rata pengguna TikTok menghabiskan 95 menit per hari pada kuartal kedua 2022. Itu lebih dari empat kali durasi rata-rata yang dihabiskan di Snapchat (21 menit), lebih dari tiga kali waktu yang dihabiskan di Twitter (29 menit), dan hampir dua kali lipat dari Facebook (49 menit) dan Instagram (51 menit).

Sementara itu, YouTube mencatat waktu rata-rata tertinggi kedua yang dihabiskan setiap hari pada paruh kedua 2022 dengan 74 menit.

BACA JUGA:   GoTo Dikabarkan akan PHK 1.000 Karyawan

Kendati bayang-bayang pemblokiran di toko aplikasi berdasarkan usulan pemerintah AS terus membayangi ekspansi TikTok, namun itu bukanlah hal pertama bagi TikTok. Aplikasi milik ByteDance itu terbukti tangguh di masa lalu ketika dihapus dari pasar terbesarnya, India.

Terlepas dari pemblokiran di India, TikTok menjadi aplikasi pertama selain ekosistem Meta yang mencapai tiga miliar pemasangan di seluruh dunia.

Namun, penghapusan dari App Store dan Google Play di Amerika Serikat dapat berdampak lebih besar pada operasi bisnis ByteDance karena Amerika Serikat  adalah pasar terbesar TikTok dalam hal pendapatan setelah China.

Pasar Amerika Serikat mewakili sekitar 19 persen belanja pengguna pada paruh pertama tahun 2022. Pengguna TikTok di Amerika Serikat pun menghabiskan sekitar USD 322,6 itu pada paruh pertama 2022, naik 398 persen secara tahunan dibandingkan paruh pertama 2021 yang mencapai USD 64,8 juta saja.

BACA JUGA:   Kehilangan 3,6 Juta Pelanggan, Netflix Semakin Ditinggal

Sementara itu, Instagram memimpin dalam hal keaktifan pengguna karena sekitar 39 persen pemasangan aplikasi ini adalah pengguna kuat. Mereka aktif di aplikasi itu setiap hari pada kuartal kedua 2022. Capaian Instagram pun 10 persen lebih tinggi daripada TikTok.

Sesama platform media sosial milik Meta, Facebook berada di urutan ketiga dengan 27 persen pemasangannya mencerminkan perilaku pengguna yang kuat. Lalu ada Snapchat dengan capaian 26 persen. Twitter membuntuti dengan sekitar 18 persen.

Meskipun YouTube tidak sepenuhnya jejaring sosial, fungsinya mirip dengan Instagram dan TikTok dengan menyediakan platform untuk streaming langsung dan video sesuai permintaan. Menurut Sensor Tower, 20 persen pengguna YouTube membuka aplikasi itu setiap harinya pada kuartal kedua 2022. YouTube terpaut dari TikTok sebesar 9 persen dan Instagram sekitar 19 persen.

BACA JUGA:   RMIT University - Infinite Learning Gelar Kursus CyberCrime Pertama di NDP Batam
  • Bagikan
120 views