Jumlah Pasien Terinfeksi COVID Tembus 40.000 orang, Korsel Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus

  • Bagikan
Reuters/Heo Ran

Regional.co.id, SEOUL: Jumlah warga terinfeksi COVID-19 harian di Korea Selatan telah melonjak di atas 40.000 untuk pertama kalinya dalam dua bulan seiring peringatan pemerintah tentang potensi lonjakan lima kali lipat dalam beberapa bulan mendatang.

“Infeksi harian bisa melonjak hingga 200.000 antara pertengahan Agustus dan akhir September,” ujar Perdana Menteri Han Duck-soo saat memberikan tanggapan pemerintah terhadap COVID, mengutip hasil pandangan Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) dan para ahli.

Angka 40.266 yang diumumkan pada hari Rabu (13/07) ini mewakili lompatan 8% dari hari sebelumnya dan merupakan level tertinggi sejak 43.908 kasus yang terjadi pada 11 Mei. Tingkat jumlah pasien terinfeksi 200.000 per hari terakhir terlihat pada bulan April.

BACA JUGA:   Hore, Turis Indonesia ke Singapura Bebas Karantina!

Han mengatakan orang-orang berusia 50-an dan mereka yang memiliki penyakit bawaan akan memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan booster kedua. Hingga saat ini, hanya orang berusia 60 tahun ke atas yang memenuhi syarat. Namun, tingkat pengambilannya rendah, dengan hanya 32% yang memilih untuk menerima suntikan keempat.

Korea Selatan pada Mei lalu menghapus sebagian besar pembatasan terkait pandemi, termasuk kewajiban menggunakan masker di luar ruangan, karena kasus melambat setelah memuncak pada lebih dari 600.000 per hari pada pertengahan Maret.

“Pemerintah tidak memiliki rencana segera untuk mengembalikan pembatasan tetapi tidak memantau terus keadaan jika ada “perubahan kritis” dalam situasi COVID”, kata Han.

BACA JUGA:   Sudah Vaksin Lengkap, Bepergian Tak Perlu Tes COVID Lagi

Pemerintah juga tetap memberlakukan persyaratan karantina tujuh hari bagi mereka yang terinfeksi COVID. (Sys/Reuters)

  • Bagikan
52 views