Mau Memulai Bisnis CoffeeShop? Catat 11 Langkah Ini!

  • Bagikan

Beberapa tahun belakangan ini industri kopi mengalami perkembangan pesat di Indonesia, perkembangan ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar saja tetapi juga terlihat dari semakin bertambahnya jumlah Coffee shop di kota-kota kecil dengan berbagai keunikan yang ditawarkan.

Edukasi yang meluas tentang industri kopi juga terdistribusi secara merata melalui film, kompetisi barista, diskusi maupun ulasan berita media online, hal tersebut berdampak pada banyak generasi muda menjadi lebih tertarik tidak hanya pada kopi, tetapi juga kopi berkualitas tinggi yang hanya dapat mereka peroleh dari Coffee shop tertentu.

Melihat proyeksi positif tersebut, ini merupakan saat yang tepat untuk anda mempertimbangkan membuka Coffee shop. Tapi bagaimana cara memulainya?

Jika anda tertarik untuk memulai sebuah Coffee shop tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, lihat artikel ini karena kami akan merinci langkah-langkah paling penting yang perlu anda ikuti untuk mendirikan bisnis anda.

Pada dasarnya segala jenis bisnis jasa makanan, dari restoran hingga Coffee shop merupakan sebuah rangkaian yang kompleks. Maka dari itu, kami membedah proses menjadi 11 langkah untuk membantu menyederhanakannya.

1. Melakukan Riset

Sebelum anda memutuskan untuk membuka sebuah kafe, langkah strategis pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset menyeluruh. Hasil riset in yang akan memberi tahu anda apakah ada kebutuhan terhadap Coffee shop yang bagus, apakah anda dapat bersaing dengan bisnis yang ada dan jika anda akan mampu memiliki bisnis komersial di lokasi anda.

Selain itu, jika anda tidak memiliki pengalaman dalam industri jasa makanan atau memiliki bisnis tetapi anda tertarik untuk memulai sebuah Coffee shop, kami sarankan berbicara dengan pemilik bisnis lain di daerah anda. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan saran mereka sebelum mulai menulis rencana bisnis dan memulai.

2. Pilih Sebuah Konsep

Setelah anda memutuskan untuk memulai sebuah Coffee shop, anda dapat mulai berpikir tentang jenis bisnis apa yang ingin anda buka dan apa konsep Coffee shop anda nantinya. Konsep anda adalah tema pemersatu dari kafe anda, dan konsep yang baik akan memberikan keunggulan kompetitif pada bisnis andadibandingkan dengan cofee shop lainnya di daerah tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan ketika memilih konsep untuk coffeshop anda:

  1. Menentukan siapakah target demografis anda, apakah anda membuat Coffee shop untuk milenial yang doyan foto atau untuk karyawan kantor yang sibuk? Penerapan target market yang sesuai akan sangat berpengaruh kepada keberhasilan Coffee shop
  2. Berapa banyak target anda yang memiliki daya beli di area anda? anda mungkin memiliki konsep Coffee shop yang mewah tetapi jika di lingkungan anda adalah kelas pekerja, mungkin akan sulit untuk meyakinkan pelanggan untuk harga produk yang tinggi.
  3. Apakah anda ingin menawarkan makanan? Jika anda ingin menambahkan makanan ke menu anda, apakah anda akan membeli makanan setengah jadi dari toko roti atau membuatnya di rumah?
  4. Apakah kosep yang andapilih menawarkan tempat duduk? Atau konsep take away dimana anda berharap mayoritas pembeli andaakan segera pergi setelah mendapati pesanan.
BACA JUGA:   Catat! 3 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Makin Pintar

3. Temukan supplier yang tepat untuk Biji Kopi anda

Menyajikan kopi berkualitas tinggi adalah aspek terpenting dari menjalankan Coffee shop, jadi mencari sumber biji kopi yang baik adalah suatu keharusan.

Berikut adalah beberapa hal penting untuk dipertimbangkan:

  • Apakah anda suka kopi mereka? Jika anda tidak menyukai kopi sangrai, kemungkinan besar pelanggan anda juga tidak.
  • Seberapa penting kualitas bagi anda? Kacang berkualitas sangat tinggi bisa sangat mahal, menghasilkan harga minuman yang lebih tinggi yang dapat menakuti beberapa pelanggan potensial.
  • Di mana roaster berada? Membeli dari pemanggang di daerah anda adalah cara yang bagus untuk menarik minat pelanggan sementara juga mendukung bisnis lokal. Selain itu, pemanggang lokal mungkin memiliki pengenalan merek di wilayah anda yang mungkin tidak akan dicapai oleh orang yang lebih jauh.
  • Jenis kopi dan citarasa apa yang menarik bagi anda? Apakah roaster memiliki jenis kopi yang ingin anda sajikan?

4. Tulislah Business Plan untuk Coffee shop anda

Diperlukan rencana bisnis yang solid agar semua jenis layanan makanan dapat berhasil. Rencana bisnis anda akan membantu anda menyelesaikan konsep anda, merencanakan struktur kepemilikan anda, memproyeksikan keuangan anda, membuat menu anda, dan mendaftar penelitian kompetitif anda. Ini tidak hanya akan membantu anda maju, tetapi rencana bisnis Coffee shop juga diperlukan ketika mencari dana untuk memulai kafe anda.

Ada tujuh bagian dalam rencana bisnis standar:

  • Ringkasan Bisnis Plan
  • Gambaran Umum dan Deskripsi Perusahaan
  • Analisis Pasar
  • Penawaran Bisnis
  • Rencana Manajemen dan Struktur Kepemilikan
  • Strategi Pemasaran dan Periklanan
  • Proyeksi Keuangan

5. Dapatkan Pinjaman Startup

Langkah selanjutnya adalah mendapatkan modal awal untuk Coffee shop baru anda. Memulai cofee shop itu mahal, jadi anda harus yakin bahwa anda memiliki cukup dana sehingga anda mampu membeli semua peralatan dan pasokan yang dibutuhkan bisnis anda. Selain itu, biasanya dibutuhkan operasi baru 6-12 bulan untuk menjadi menguntungkan, sehingga dana awal andaharus dapat menutupi biaya operasi sampai bisnis anda dapat mendukungnya sendiri.

BACA JUGA:   Tren Konsumsi Kopi Meningkat, Bisnis CoffeeShop Kian Menjamur

Ada beberapa jalur berbeda yang dapat anda ambil untuk mendapatkan dana untuk Coffee shop anda, seperti pinjaman komersial tradisional, jalur kredit usaha, dan pinjaman usaha kecil. Pastikan untuk meneliti semua opsi yang tersedia secara menyeluruh sebelum andamembuat keputusan.

6. Mencari Lokasi yang tepat

Menemukan ruang komersial yang tepat untuk Coffee shop anda adalah penting, dan lokasi yang baik dapat memastikan bahwa bisnis anda melihat aliran pelanggan yang stabil. Ketika melihat ruang potensial, pastikan untuk menyelesaikan analisis lokasi. Analisis lokasi memengaruhi banyak hal, seperti:

  • Demografi
  • Kedekatan dengan Target Demografis anda
  • Jarak dari Pemasok
  • Kompetisi
  • Tingkat kejahatan
  • Regulasi dan Zonasi

Selain di mana lokasi berada di dalam kota anda, anda perlu mempertimbangkan ruang itu sendiri. Apakah ada banyak ruang di dapur? Apakah sudah ada saluran gas, saluran air, dan air yang diperlukan? Apakah ada lalu lintas pejalan kaki di jalan? Selain itu, jika anda ingin membuat pertemuan yang nyaman atau ruang kerja bersama, apakah area depan rumah cukup besar untuk kebutuhan anda? Setelah anda menemukan lokasi yang sempurna, kami sarankan untuk menyewa pengacara untuk membantu negosiasi dan memastikan semua dokumen dan peraturan yang diperlukan terisi.

7. Izin dan Lisensi

Ada banyak izin dan lisensi yang dibutuhkan Coffee shop baru anda sebelum mulai menjual. Lisensi yang dibutuhkan bisnis anda dan cara mendapatkannya mungkin berbeda di setiap kota dan negara, jadi tanyakan kepada pihak yang berwenang di daerah anda untuk memastikan anda memiliki semua dokumennya secara berurutan. Selain itu, menunggu persetujuan atas izin anda akan memakan waktu, jadi pastikan untuk merencanakan ke depan dan berikan diri anda waktu tunggu yang cukup.

8. Desain Tata Letak

Menciptakan desain yang optimal untuk area depan dan belakang bangunan anda sangat penting untuk efisiensi dan kenyamanan pelanggan anda.

Mendesain Tata Letak Bagian Depan

Saat mendesain area depan bangunan anda, pikirkan suasana seperti apa yang ingin anda ciptakan. Apakah anda ingin menawarkan privasi untuk menarik orang yang melakukan pekerjaan atau mengadakan pertemuan? Atau apakah anda lebih suka konsep terbuka yang terasa lapang dan modern? Bagaimanapun, pertimbangkan ukuran ruang anda dan bagaimana anda dapat memaksimalkan tempat duduk anda.

BACA JUGA:   Ternyata Ini Penyebab Harga Mobil Listrik Masih Mahal!

Mendesain Tata Letak Bagian Depan

Di belakang meja di kedai kopi cenderung padat, maka dari itu membuat efisiensi dan aliran menjadi krusial. pertimbangkan peralatan-peralatan apa yang akan ada dan bagaimana pesanan akan mengalir. Proses ini akan dimulai dengan pesanan yang diambil, kemudian disiapkan, kemudian disajikan, dan kemudian peralatan akan dibersihkan.

9. Pesan Peralatan Coffee shop anda

Peralatan kopi berkualitas tinggi sangat penting untuk kafe atau kedai kopi yang ingin sukses. Sementara beberapa jenis peralatan mungkin berbeda dari toko ke toko, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan setiap Coffee shop. Kami mengumpulkan daftar peralatan penting untuk Coffee shop, jadi mudah untuk mengingat dengan tepat apa yang anda butuhkan saat memulai Coffee shop anda.

Daftar Peralatan Coffee shop

  • Pembuat Kopi
  • Airpots
  • Mesin espresso
  • Penggiling kopi
  • Dispenser Air Panas
  • Reach-in Refrigerator
  • Mesin es
  • Etalase roti
  • 3 Wadah Kompartemen
  • Pitcher Berbusa
  • Termometer berbusa
  • Mug Teh dan Kopi
  • Cup Espresso
  • Penataan Cup, Penutup, dan Sedotan
  • Celemek

10. Mempekerjakan dan Melatih Karyawan

Mecari sumber daya manusia memang susah-susah gampang. Pegawai di sini mencakup koki, barista, maupun kasir yang handal. Tentunya seluruh pemilik usaha ingin sekali mencari pegawai yang jujur, rajin, dan cekatan. Disarankan agar anda dapat selektif memilih pegawai yang akan bekerja di Coffee shop anda, sehingga mereka dapat berjalan beriringan dengan visi dan misi anda.

11. Buka Kedai Kopi anda

Setelah menulis rencana bisnis anda, menemukan lokasi, dan memperlengkapinya dengan peralatan dan staf, anda akhirnya siap untuk membuka Coffee shopanda. Sebelum anda membuka secara resmi, pastikan untuk mengiklankan Coffee shop baru anda di media sosial dan publikasi lokal untuk membangkitkan minat. Selain itu, menawarkan diskon atau harga spesial pada hari pembukaan anda dapat membantu mendorong pelanggan untuk memberikan atensi dan berpotensi menjadi pelanggan tetap.

Ada tiga komponen utama untuk menjalankan kedai kopi yang sukses dan mendapatkan pengikut setia:

  • Staf yang ramah dan berpengetahuan
  • Pilihan kopi dan minuman berkualitas baik
  • Suasana ramah dengan dekorasi yang nyaman

anda juga dapat menerapkan beberapa taktik lain untuk membuat pelanggan kembali ke kafe anda, seperti menawarkan kartu loyalitas atau menambahkan kopi dan sarapan ke menu anda.


Artikel ini dikutip dari laman www.restomart.com, dikutip pada 14 Juli 2022

Editor: Suyono Saputro

  • Bagikan
194 views