Dari Singapura, Presiden Sri Lanka Rajapaksa Kirim Surat Pengunduran Diri

  • Bagikan
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa akhirnya menantangani surat pengunduran diri tak lama setelah mendarat di Singapura, Kamis (14/7)

Regional.co.id, KOLOMBO: Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa akhirnya mengirimkan surat pengunduran diri sebagai presiden melalui email dari Singapura, pada hari Kamis (14/7) kemarin.

Namun Kantor Ketua Parlemen menunda pengumuman resmi hingga Jumat hari ini (15/7) untuk memverifikasi “keaslian dan legalitas” dokumen tersebut.

Perkembangan itu terjadi sehari setelah Gotabaya, yang naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 2019 dengan kemenangan pemilihan umum, melarikan diri dari negara itu dan mencari perlindungan di dua pulau lain, ketika protes massal anti-pemerintah meningkat pesat akhir pekan lalu.

Rabu pagi, dia diterbangkan ke Maladewa dengan pesawat militer Sri Lanka dan selanjutnya memutuskan terbang ke Singapura dan mendarat pada Kamis malam, demikian dilaporkan dari Kementerian Luar Negeri Singapura.

BACA JUGA:   Breaking News! Presiden Iran Ebrahim Raisi Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter

“Gotabaya diizinkan masuk ke Singapura dalam kapasitasnya sebagai kunjungan pribadi. Dia tidak meminta suaka dan dia juga tidak diberikan suaka”, kata Kementerian Luar Negeri Singapura.

Parlemen tidak akan bersidang pada hari Jumat seperti yang diumumkan, kata kantor Ketua Mahinda Yapa Abeywardena, karena keterlambatan penerimaan surat pengunduran diri Presiden.

Setelah diterima, pengunduran diri Rajapaksa dianggapp sebagai kemenangan gemilang atas protes warga selama berbulan-bulan, yang menuntut Rajapaksa, mengambil tanggung jawab atas kemerosotan ekonomi terburuk negara itu sejak Kemerdekaan pada tahun 1948.

Rajapksa terpaksa melarikan diri dan mundur, setelah pengunjuk rasa yang marah menyerbu kantor dan rumahnya pada hari Sabtu, ketika krisis yang semakin dalam membuat warga berebut barang-barang penting, di tengah kekurangan akut dan hiperinflasi.

BACA JUGA:   Terpilih Menjadi PM Inggris, Ini Tugas Berat Rishi Sunak!

  • Bagikan
79 views