Hyundai Rilis Sedan EV Ioniq 6, Bakal Jadi Pesaing Tesla?

  • Bagikan

Regional.co.id, SEOUL: Hyundai Motor Company, pabrikan asal Korea Selatan, resmi merilis sedan listrik pertama Ioniq 6 di pasaran dan bakal jadi pesaing berat Tesla Model 3.

“Ioniq 6 akan mampu bersaing dengan Tesla di sektor sedan EV, mengingat desain yang baru dan harga yang kompetitif dan jarak tempuh yang ditawarkan oleh mobil ini,” ujar seorang analisis di Eugene Investment dan Securities, Lee Jae-il, dikutip dari AsiaOne.

Ioniq 6 adalah salah satu dari lebih dari 31 model listrik yang Hyundai Motor Group. Hyundai Ioniq 6 akan dibanderols sekitar 55 juta won hingga 65 juta won, untuk pasar Korea Selatan.

BACA JUGA:   Tesla Bangun Gigafactory di Indonesia, Bahlil: Ini Barang Gede!

Sedan full electric ini didasarkan pada konsep EV pembuat mobil yang disebut Prophecy. Ioniq 6 memiliki jarak sumbu roda kendaraan yang besar yakni 2.950 mm dan hanya 49 mm lebih pendek dari Ioniq 5 yang merupakan SUV compact.

Dimensi keseluruhan panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm. oniq 6 mendapatkan pilihan kapasitas baterai 58kWh-77, 4kWh. Untuk motor listriknya ada yang tipe di belakang saja dan ada juga yang depan belakang (4WD). Untuk yang Dual motor itu untuk memperoleh 0-100km/jam hanya sekitar 5 detik.

Hyundai Ioniq 6 pertama memiliki motor listrik tunggal yang menghasilkan 215 hp. Sedangkan yang kedua memiliki powertrain motor ganda yang mengembangkan output gabungan sebesar 308 horsepower. Pada bagian exterior bentuknya sangat sporti suatu cupe 4 pintu yang sangat jauh berbeda gaya Ioniq sebelumnya.

BACA JUGA:   Target 1 Juta Unit Mobil Listrik Tahun 2023, Gaikindo: Asalkan Harga Terjangkau!

Hyundai Ioniq 6 akan tersedia di pasar Korea Selatan tahun ini, dan peluncuran untuk pasar AS diharapkan pada kuartal pertama 2023. Ioniq 6 yang diluncurkan tahun ini akan menggunakan baterai dari SK Innovation, sedangkan baterai dari LG Energy Solution akan digunakan mulai tahun depan.

  • Bagikan
144 views