Indonesia Marine & Offshore Expo 2022 Diikuti 60 Peserta dari Singapura, Malaysia, dan India

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: PT Firework Indonesia bekerjasama dengan PT Batam Promo dan Kadin Kota Batam kembali menggelar pameran industri kemaritiman Indonesia Marine and Offshore Expo 2022 yang diikuti oleh 60 peserta dari Singapura, Malaysia, Indonesia, dan India.

Jadi Rajagukguk, CEO PT Batam Promo, menjelaskan pelaksanaan pameran industri kemaritiman tersebut sudah lama direncanakan namun tertunda karena pandemi yang melanda selama dua tahun terakhir.

“Tahun 2022 ini merupakan momentum, disaat ekonomi global sedang dalam pemulihan dan pandemi Covid-19 berangsur pulih, maka kami kembali menggelar Indonesia Marine and Offshore Expo di Batam,” ujarnya hari ini.

BACA JUGA:   Lama Tak Beroperasi, 7 BUMN Ini Akan Ditutup Erick Thohir

IMOE 2022 dilaksanakan pada 3-5 Agustus 2022 di Radisson Golf and Convention Centre dan memasuki penyelenggaraan ke lima kali. Expo ini merupakan ajang pameran industri kemaritiman yang diikuti oleh pelaku usaha yang bergerak di sektor marine, shipyard, dan offshore yang berasal dari Singapura, Malaysia, India, dan Indonesia. Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 22 peserta dari Singapura, 34 dari Indonesia, 3 dari Malaysia, dan 1 dari India sudah menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi.

Jadi yang juga menjabat sebagai Ketua Kadin Kota Batam ini menegaskan pelaksaan IMOE di Batam merupakan upaya untuk mengangkat kembali industri kemaritiman ini dan menjadi tulang punggung perekonomian Batam.

BACA JUGA:   Tutup Pabrik Kompresor di Singapura, Panasonic Pecat 700 Karyawan

“Saya ingin membuktikan bahwa industri maritim di Batam tidak lagi sunset industry tapi kita dorong untuk menjadi sunrise industry,” paparnya.

Untuk itu, lanjut dia, perlu dukungan semua pihak agar industri ini bisa kembali bangkit dengan mengurai semua persoalan yang mungkin masih dirasakan oleh pelaku usaha baik dari sisi regulasi, perizinan, fasilitas, maupun karena dampak krisis global.

IMOE 2022 ini juga akan melaksanakan forum bisnis yang menghadirkan para pembicara dari Direktorat Lalu Lintas Barang, Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Kepala Kantor Imigrasi Batam, dan Kepala Kantor Layanan Pajak Pratama Batam.

BACA JUGA:   Erick Thohir Bakal Tutup Anak-Cucu BUMN Sakit, Jumlahnya Ratusan!

“Kami ingin mendapatkan penegasan dan komitmen dari para pemangku kebijakan untuk menyelesaikan seluruh persoalan yang masih ada, agar industri ini bisa bangkit kembali,” pungkas Jadi.

Untuk acara pembukaan IMOE akan dihadiri oleh Walikota Batam/Kepala BP Batam, Dinas terkait, pelaku usaha shipyard dan offshore, anggota Kadin Batam, dan pelaku usaha.

  • Bagikan
149 views