YIA Bakal Layani Rute Baru Ke Malaysia, Singapura, dan Turki

  • Bagikan
Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo

Regional.co.id, YOGYAKARTA: Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo berencana menambah sejumlah rute penerbangan internasional maupun domestik dalam waktu dekat. Pertambahan rute penerbangan ini juga membuat jam operasional bandara diperpanjang.

General Manager YIA Agus Pandu Purnama mengatakan akan ada penambahan rute-rute penerbangan internasional yang akan beroperasi di YIA. Rute internasional baru akan mengarah ke beberapa negara tujuan seperti Singapura, Malaysia, hingga Turki.

“Dua hari lalu bertemu dengan Malaysia Air, mereka ingin membuka rute Kuala Lumpur – YIA – Kuala Lumpur- Jeddah, ini juga potensi saya kira. Insyaallah di bulan September ini akan ada rute tambahan selain Air Asia,” terangnya pada Senin (22/8/2022).

BACA JUGA:   Catat! Kapal Pesiar Genting Dream Cruises Singgahi Batam Bintan mulai 1 Juli

Sementara itu, rute YIA – Singapura akan mengalami penambahan maskapai. Penambahan maskapai ini juga dimulai September nanti.

“Untuk rute Singapura juga sudah ada dua yang siap di September yaitu Scoot Tiger Air dan Air Asia,” ujar dia.

Selain rute penerbangan di seputar Asia Tenggara, rute penerbangan internasional YIA juga akan merambah hingga ke perbatasan Eropa tepatnya melalui rute Turki – YIA. Ini setelah adanya pembicaraan dengan Turkish Airlines.

“Terakhir juga kami sudah ketemu dengan Turkish Airlines, mereka akan membuka rute dari Turki menuju ke YIA. Ini mudah-mudahan dalam waktu dekat, targetnya Januari 2023,” ucap dia.

BACA JUGA:   Kapal Pesiar Genting Dream Cruises Resmi Singgah ke Lagoi

Bertambahnya sejumlah rute penerbangan baru membuat YIA bakal memperpanjang jam operasional bandara. Bila saat ini YIA beroperasi hingga pukul 18.00 WIB, rencananya jam operasional akan diperpanjang tiga jam hingga pukul 21.00 WIB . 

“Mulai awal September ini,” tuturnya. 

Penambahan rute penerbangan tidak hanya terjadi di rute internasional tetapi juga di rute penerbangan domestik. Pada rute domestik, Lion Group telah mengajukan enam rute penerbangan baru yang kemungkinan akan beroperasi pada malam hari.

“Dari Lion Group juga sudah mengajukan enam rute baru untuk domestik salah satunya nanti ada Pontianak, ada Banjarmasin daerah-daerah lainnya yang kebetulan mereka memintanya penerbangan malam hari, termasuk ke Jakarta juga, mereka ada permintaan untuk rute di malam hari,” ujar dia.

BACA JUGA:   Pesona Bali Hanya Dikalahkan Oleh Dubai Sebagai Destinasi Wisata Dunia Terpopuler

Total hingga saat ini, Pandu menyebut ada 62 pergerakan penerbangan per hari di YIA. Jumlah ini bakal bertambah seiring bertambahnya rute-rute penanganan baru baik domestik maupun mancanegara di YIA.

“Berarti nanti kalau ketambahan bisa sampai 70 [pergerakan], mudah-mudahan trennya memang meningkat terus, seiring dengan iklim investasi yang meningkat. Otomatis pergerakan orang, pergerakan barang ini juga akan meningkat,” kata dia. (Sys/harianjogja.com)

  • Bagikan
109 views