Pemprov Kepri Akan Limpahkan Aset Jalan ke Pemko dan BP Batam

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana menyerahkan seluruh aset berupa jalan kepada Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan Batam karena keterbatasan anggaran pemeliharaan.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan Pemprov Kepri tak memiliki anggaran yang cukup untuk memperbaiki aset jalan di Kota Batam sehingga lebih baik asetnya dilimpahkan ke pemda setempat. 

“APBD Kepri cuma Rp3,7 triliun dan itu harus dibagi ke tujuh kabupaten/kota. Masih kalah dibandingkan APBD Kota Batam dan BP Batam yang mencapai Rp6 triliun,” ujar Ansar, Senin (29/8).

Menurut dia, dengan dukungan anggaran daerah yang lebih besar maka pemeliharaan jalan provinsi di Kota Batam dapat teratasi dan mendukung kelancaran arus barang serta investasi.

BACA JUGA:   Relokasi Warga Rempang, BP Batam Butuh Duit Rp1,6 Triliun!

Namun demikian, lanjut Ansar, aset itu tidak langsung diserahkan karena ada beberapa ruas jalan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi terlebih dahulu sebelum diserahkan ke Pemko dan BP Batam.

“Jalan simpang Franky sedang proses, sekarang sedang overlay. Nanti saya inventaris jalan-jalan besar akan kami serahkan ke Pemko dan BP Batam,” katanya.

Ansar mengatakan pihaknya akan fokus mengurusi jalan-jalan yang berada di desa dan pulau agar ada keseimbangan pembangunan antara hinterland dan mainland. 

“Itu [jalan besar perkotaan] biar BP atau Pemko saja biar kami fokus membangun jalan di desa atau pulau,” kata Ansar.

BACA JUGA:   Massa GNPR Demo Bela Rempang di Jakarta, Desak Proyek Eco City Distop!

Dia berharap berharap, Pemko Batam bisa mengelola dan memperbaiki jalan tersebut. “Saya yakin Pemko dan BP bisa,” katanya. (Sys/Gokepri)

  • Bagikan
140 views