Dampak Kenaikan BBM, Inflasi September-Oktober Diprediksi Melonjak

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 3 September lalu diprediksikan akan memicu terjadi inflasi pada bulan ini dan Oktober mendatang.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memperkirakan akan ada lonjakan inflasi pada bulan September dan Oktober 2022. Hal tersebut terjadi karena dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan Pertamax..

“Kenaikan BBM yang kemarin ini akan dorong inflasi September dan Oktober,” ujar Suahasil dalam wawancara dengan CNBC TV, Senin (5/9).

Lebih lanjut Suahasil berharap, kenaikan inflasi dari bulan ke bulan akan kembali normal pada bulan November, sejalan dengan kebijakan pemerintah yang tetap memberikan bantuan sosial (bansos)  kepada masyarakat kelas menengah bawah.

BACA JUGA:   Pasca Pencabutan PPKM, Ekonomi dan Pariwisata Mulai Bergeliat

Menurutnya, apabila harga BBM naik tapi tidak ada bantuan sosial (bansos), maka angka kemiskinan meningkat. Namun, dengan adanya bansos ini, daya beli masyarakat tetap terjaga sehingga angka kemiskinan akan turun 0,3 persen poin.

Pemerintah pun berharap pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 masih berada pada kisaran 5,1%-5,4%. Sekedar mengingatkan, pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2022 capai 5,4% secara tahunan. Dan, di semester I-2022, ekonomi tumbuh 5,23% secara tahunan.

“Kita bayangkan, sampai pertumbuhan ekonomi bisa di angka itu (5,1% – 5,4%), kegiatan bisa berjalan di daerah-daerah dan berbagai macam tempat ke semua sektor,” kata Suahasil. (Sys)

BACA JUGA:   Harga BBM Jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax Naik Hari ini!
  • Bagikan
126 views