Punya Track Record Bagus, Azwar Anas Dipilih Jokowi Jadi MenpanRB

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Memiliki rekam jejak yang bagus dalam bidang birokrasi pemerintahan terutama saat menjadi Bupati Banyuwangi, menjadi alasan utama Azwar Anas dipilih Presiden Joko Widodo untuk memimpin Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

“Ya, kita semua tahu Pak Azwar Anas ini kan track record-nya jelas,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Jokowi lalu menceritakan pengalamannya melihat perubahan birokrasi di Banyuwangi saat dipimpin Azwar Anas. Jokowi mengatakan banyak sekali terobosan yang dilakukan Azwar Anas sehingga memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Waktu memegang birokrasi di Banyuwangi, banyak sekali yang saya lihat, saya langsung lihat ke sana, inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan yang dilakukan bisa di pasar, di mal. Saya rasa beliau termasuk yang pertama saat itu. Track record itu yang menyebabkan saya memilih Pak Azwar Anas,” imbuh Jokowi.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Resmi Melantik AHY Jadi Menteri ATR/Kepala BPN

Jokowi berharap Kementerian PAN-RB menjadi ujung tombak birokrasi yang melayani. Jokowi mendorong adanya kedisiplinan dan kecepatan.

“Ya sekali lagi, ini PAN-RB. RB-nya itu reformasi birokrasi, digarap secara cepat sehingga birokrasi kita birokrasi yang melayani. Birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi,” ujar Jokowi.

Jokowi mengaku tak memberi pesan khusus kepada Azwar Anas setelah resmi memimpin KemenPAN-RB. Menurut Jokowi, Azwar Anas sudah memahami tugas yang bakal dilakukan.

“Saya kira, beliau nggak usah di-anu-lah, saya kira nggak usah diberi pesen-pesen, sudah ngerti apa yang harus dilakukan. Sangat ngerti, bukan ngerti, tapi sangat ngerti,” imbuh Jokowi.

BACA JUGA:   Perppu Cipta Kerja Disahkan, Ini Ketentuan Baru Bagi Pekerja Kontrak!

Seperti diketahui, Azwar Anas resmi dilantik menjadi MenPAN-RB di Istana Negara pada siang tadi. Azwar Anas mengisi posisi menteri yang ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo. (Sys/Detikcom)

  • Bagikan
38 views