Boris Johnson Mundur Dari Pencalonan, Rishi Sunak Selangkah Lagi Jadi PM Inggris

  • Bagikan

Regional.co.id, LONDON: Langkah mengejutkan, mantan PM Inggris Boris Johnson pada hari Minggu mengumumkan bahwa dia tidak akan bertarung dalam persaingan kepemimpinan Partai Konservatif, dengan kandidat terdepan Rishi Sunak dalam pemilihan PM Inggris pengganti Liz Truss.

bergerak selangkah lebih dekat untuk terpilih sebagai perdana menteri pertama yang berasal dari India.

Mantan pemimpin berusia 55 tahun itu mengklaim bahwa dia telah melewati ambang batas 100 anggota parlemen tetapi memutuskan untuk tidak maju demi kepentingan persatuan partai Tory.

Dalam sebuah pernyataan, Johnson yang mengundurkan diri pada Juli setelah skandal partygate dari partai-partai pelanggar hukum saat pandemi COVID-19, mengatakan dia telah menyelesaikan rintangan yang sangat tinggi dari 102 nominasi, tetapi sampai pada kesimpulan bahwa keputusan ini bukan waktu yang tepat.

BACA JUGA:   Angka Kelahiran Rendah, Jepang Dalam Ancaman Krisis Populasi

“Saya khawatir hal terbaik adalah saya tidak mengizinkan pencalonan saya untuk maju dan memberikan dukungan saya kepada siapa pun yang berhasil,” kata Johnson. “Saya percaya saya memiliki banyak hal untuk ditawarkan tetapi saya khawatir ini bukan waktu yang tepat.”

Johnson mengaku telah menghubungi Rishi dan Penny dab berharap kita bisa bersatu demi kepentingan nasional dan membantu Inggris keluar dari krisis.

Johnson, yang secara resmi belum mengumumkan pencalonannya, mendapat dukungan publik dari sekitar 59 anggota parlemen Tory, termasuk beberapa anggota kabinet terkemuka. Sekarang masih harus dilihat ke arah mana dukungan itu akan dibagi antara mantan kanselir India Inggris Rishi Sunak, yang memimpin nominasi di antara anggota parlemen Tory dengan sekitar 144 pendukung, dan Penny Mordaunt dengan sekitar 23 pendukung yang diumumkan secara terbuka.

BACA JUGA:   AS-Inggris Serang Milisi Houthi, Yaman Dihujani Rudal!

Batas waktu pencalonan akan ditutup pada pukul 14 hari ini Senin (24/10). Jika seluruh anggota parlemen partai bersatu di belakang calon tunggal, maka Sunak dipastikan akan menjadi PM Inggris pada Senin malam ini.

Namun, jika ada dua kandidat, keanggotaan Tory akan mendapatkan suara online dan pengganti Liz Truss akan diumumkan pada hari Jumat.

  • Bagikan
115 views